Poluakan; “Pekan Depan Kita Akan Periksa Perdes-APBDes”

by -200 views

Minsel/transparansiindonesia.com – Untuk kelancaran pembangunan yang ada di desa, baik itu melalui dana ADD, maupun Dana Desa (Dandes), pihak PMPD Minsel, mendesak kepada para HukumTua untuk segera memasukan laporan dan berkas-berkas yang dimaksud untuk diperiksa.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Efer Poluakan kepada Jurnalis transparansiindonesia.com beberapa hari lalu.

Poluakan bahkan menantang para HukumTua agar supaya pekan depan sudah bisa membawa seluruh berkas ke kantor DPMPD agar segera diadakan pemeriksaan.

“Memang ada keterlambatan karena mungkin ada yang direvisi, terkait aturan yang berlaku sekarang, mengenai keterlibatan 30% HOK dalam kegiatan, jadi harus ada HOK 30% apabila menggunakan alat berat, dan itu bisa dimaklumi.

Baca juga:  Lantik Dua Pejabat HukumTua, Kamang; "Semua Sudah Sesuai Prosedur"

Ia pun menambahkan bahwa seharusnya pelaksanaan pemeriksaan Perdes-APBDes tersebut sudah dimulai sejak beberapa waktu lalu, tapi setelah dilalukan pengecekan di kantor-kantor kecamatan, belum semua desa memasukan dokumen, sehingga pada pekan depan mulai dijadwalkan pemeriksaan.

“Dananya sudah ada, tinggal menunggu pemeriksaan, lalu dicairkan, agar pelaksanaan pembangunan didesa-desa segera berjalan, dan saya pun menghimbau kepada para HukumTua untuk selalu menggunakan anggaran Dana Desa dan ADD, sesuai peruntukannya dan aturan yang berlaku, jangan sampai terlibat masalah korupsi.” jelas Poluakan.

Nantinya juga dalam pemeriksaan dan evaluasi sebentar pihaknya akan mengutamakan terlebih dahulu desa-desa yang telah lebih dulu memasukan dokumen, “menjadi resiko sendiri apabila desa-desa yang tidak proaktif dalam pemasukan dokumen untuk dievaluasi, dampaknya akan sangat terlihat dimana pembangunan didesa akan berjalan lambat, karena Dana Desa belum bisa dicairkan.” tegas Efer Poluakan.    (Hengly/TI