Presiden Mesir Lakukan Reshuffle, Pertama Kalinya Wanita Kristen Ditunjuk Jadi Gubernur

by -274 views

Jakarta, transparansiindonesia.co.id – Seorang wanita Kristen Koptik untuk pertama kalinya ditunjuk Presiden Mesir Abdel Fattah el-Sisi sebagai gubernur. Dia diambil sumpah bersama beberapa gubernur baru hasil reshuffle.

Wanita bernama Manal Awad Mikhail ditunjuk sebagai Gubernur Provinsi Damietta.  Kamis. Menurut laporan media setempat, Jumat (31/8/2018), dia sebelumnya menjabat sebagai Wakil Gubernur Giza.

Pengambilan sumpah jabatan dilakukan Presiden Sisi pada hari Kamis waktu Kairo.

Reshuffle yang dilakukan Presiden Sisi termasuk gubernur untuk Kairo, Giza, Luxor, Aswan dan Sinai Utara.

Wanita menjadi gubernur bukan pertama kali di Mesir. Tahun lalu, Presiden Sisi juga menunjuk seorang wanita menjadi Gubernur Provinsi Beheira dalam sebuah perombakan. Namun, penunjukan wanita Kristen sebagai gubernur baru pertama kali terjadi di negara tersebut.

Populasi umat ​​Kristen di Mesir sekitar 10 persen dari total populasi yang mencapai 100 juta. Mayoritas penduduk Mesir masih didominasi umat Muslim.

Baca juga:  Temu Akbar Relawan Eropa Jokowi-Amin, Dibanjiri Warga Indonesia

Komunitas Kristen Mesir telah memberikan dukungan untuk Presiden Sisi yang sebelumnya merupakan Panglima Militer yang memimpin kudeta Presiden Mohamed Morsi. Presiden Morsi merupakan presiden yang didukung faksi Ikhwanul Muslimin yang kini dinyatakan sebagai organisasi terlarang di negara tersebut.

Kabinet Mesir saat ini juga berisi delapan menteri wanita. Jumlah keterlibatan wanita dalam pemerintahan ini merupakan sejarah bagi Mesir.

(red/TI)*