Bersama Ketua PMI-Minsel, Bupati Tetty Paruntu Kunjungi Warga Kota Menara yang Terkena Dampak Abu, dari Erupsi Gunung Soputan

by -229 views

Minsel, transparansiindonesia.co.id — Erupsi dari Gunung Soputan, yang terjadi pada Rabu pagi (3/10) sekitar pukul 08:30 WITA, juga sangat berdampak di Kabupaten Minahasa Selatan, beberapa wilayah ikut merasakan dampak dari meletusnya Gunung Berapi tersebut, seperti di Kecamatan Amurang Raya, Tumpaan dan Tareran.

Melihat kondisi yang terjadi, Bupati Minahasa Selatan DR.Christiany Eugenia Paruntu SE, mengunjungi salah satu desa di Minahasa Selatan, yang letaknya sangat dekat dengan Gunung Soputan, yakni Desa Kota Menara, Kecamatan Amurang Timur.

Tebalnya abu yang disemburkan oleh Gunung Soputan, tak menyurutkan niat dari Bupati yang Cerdas dan Inovatif tersebut untuk mengunjungi Kota Menara dan bertemu dengan warga desa tersebut. Dengan penuh semangat, Bupati Cantik ini menerobos tebalnya abu vulkanik.

Tiba di Desa Kota Menara, Bupati Tetty Paruntu, yang didampingi oleh Ketua PMI-Minsel dr.Michaela Elsiana Paruntu MARS, bersama Ketua KONI Minsel James Kojongian ST.MM serta Camat Amurang Timur dan beberapa kepala SKPD, langsung bertemu dengan maayarakat dan mendengarkan keluh kesah dari para warga Kota Menara.

Baca juga:  Warga Minsel Bersyukur Atas Berlabuhnya Kembali KM Labobar di Pelabuhan Amurang

Bupati Tetty Paruntu bersama Micha Paruntu langsung membagikan masker kepada para warga masyarakat, agar terhindar dari gangguan penyakit ISPA, yang diakibatkan memghirup udara yang sudah terkontaminasi polusi, apalagi udara yang sudah tidak sehat, karena tercampur denga abu vulkanik semburan Gunung Soputan.

“Ayo warga masyarakat, kita gunakan masker, untuk menghindari ancaman gangguan pernafasan, seperti ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Akut),” ajak Bupati Tetty Paruntu.

Disamping itu Bupati Tetty Paruntu menghimbau agar masyarakat Minahasa Selatan untuk selalu waspada, terhadap segala ancaman bencana, termasuk didalamnya ancaman letusan gunung soputan, selalu peka, dan jangan mudah terpancing dengan berita-berita atau gambar hoax, selalu taati aturan yang dikeluarkan oleh instansi terkait dalam hal ini PVMBG.

“Gunakan Masker dalam beraktivitas, ikuti dan taati aturan yang dikeluarkan oleh PVMBG, terkait erupsi Gunung Soputan, untuk menghindari hal-hal tidak kita inginkan bersama, intinya selalu waspada dengan segala bentuk ancaman bencana, jangan kita mudah terprovokasi atau termakan dengan berita-berita atau gambar-gambar hoax,” kata Bupati Tetty Paruntu.

Baca juga:  AKP Verry Liwutang Ibadah Perdana Di Gereja GMIM 'Imanuel' Picuan Baru, Sekaligus Perkenalkan Diri

Kehadiran Bupati dan rombongan di Desa Kota Menara, sontak membuat warga desa tersebut kaget, karena ditengah derasnya abu dari semburan gunung soputan, Bupati rela datang ke Kota Menara dan bertemu, bertatap-muka, dan membagikan masker serta bantuan lainnya kepada masyarakat Kota Menara.

“Bangga memiliki pemimpin seperti ini, ditengah deras dan tebalnya abu vulkanik, beliau rela datang, mengunjungi warganya yang tinggal memang sangat dekat dengan Gunung Soputan, ini menunjukan Bupati yang sangat respect, dan sosok seperti inilah yang kami inginkan, Tuhan memberkati ibu Tetty Paruntu,” kata beberapa warga Kota Menara.

(Hengly)*