Pilhut Serentak Minsel, Dihelat Usai Pemilu 2019

by -338 views

Minsel, transparansiindonesia.co.id – Terkait, pelaksanaan Pemilihan HukumTua (Pilhut) Serentak di Kabupaten Minahasa Selatan, dari awalnya digendakan di bulan November 2018, akhirnya mengalami penundaan dan kemungkinan dihelat usai pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu).

Asisten Satu Setdakab Minsel, Dra Handri Sondakh, yang sekaligus juga Ketua Panitia Pelaksanaan Pemilihan HukumTua di Minahasa Selatan, mengatakan bahwa waktu sudah sangat tidak memungkinkan bila pelaksanaan Pilhut Serentak digelar November, atau awal Desember 2018, karena agenda dan tahapan seharusnya sudah dimulai pada Agustus 2018, pelaksanaan Pemilihan BPD yang molor hingga pada peresmiannya, di setiap desa di Minsel, menjadi salah satu penyebab tertundanya pelaksanaan Pilhut Serentak.

Baca juga:  Bupati Tetty Paruntu Hadiri HUT Desa Powalutan ke-73

“Jadi kemungkinan Pilhut Serentak di Minsel, dihelat pada pertengahan Tahun 2019 mendatang, jadi kalaunpada awalnya ada sekitar 63 Desa yang akan menggelar Pilhut Serentak, karena diundur kemungkinan akan ada Bertambahnya desa yang akan mengikuti Pilhut Serentak juga,” kata Handri Sondakh.

Ia pun mengatakan bahwa setiap desa yang akan melaksanakan Pilhut Serentak, untuk menunggu petunjuk dari kabupaten, dalam hal tahapan pelaksanaan Pilhut, walaupun BPD didesa tersebut telah diresmikan.

“Tunggu petunjuk dari Kabupaten untuk pelaksanaan tahapan pilhut serentak, dan pastinya di awal 2019, tahapan Pilhut serentak di Minsel sudah akan dimulai, termasuk didalamnya pembentukan panitia Pemilihan HukumTua,” jelas Sondakh.

Baca juga:  Kantor Sekretariat KONI Minsel Diresmikan

(Hengly)*