Dua Orang Positif DBD, Pemdes Tambelang Minta Instansi Terkait Segera Lakukan Fogging

by -412 views

Minsel, transparansiindonesia.co.id – Penyakit Demam Berdarah, merupakan penyakit yang sangat berbahaya, yang penularannya melalui Nyamuk, dan bila tidak ditangani secara serius, bisa berakibat pada kematian.

Dan Didesa Tambelang Kecamatan Maesaan, terdapat dua orang yang sudah dinyatakan positif Demam Berdarah, dan beberapa orang lainnya masih terindikasi gejala. Oleh pemerintah desa melalui HukumTua Jendry Mokalu, telah melaporkan ke Dinas Terkait, yakni Dinkes Minsel melalui Puskesmas Maesaan, mengenai adanya penyakit Demam Berdarah tersebut.

“Akibat dari penyakit tersebut, sudah ada dua warga saya yang dirujuk ke Rumah Sakit Prof Kandow, dan beberapa warga lainnya masih teridikasi Gejala DB,” kata Mokalu.

Ia pun meminta kepada Pemerintah dalam hal ini Dinas kesehatan, untuk segera melakukan pengasapan (Fogging) didesa Tambelang, untuk pemberantasan perkembang-biakan nyamuk yang mengakibatkan penyakit demam berdarah.

“Setelah mendapat laporan dari masyarakat, kita langsung merespon dengan melaporkan ke Puskesmas, pada waktu itu, dan langsung ditindak-lanjuti oleh Puskesmas dengan turun lapangan, namun yang kami minta agar pengasapan atau fogging bisa segera dilakukan didesa kami, agar penyebaran penyakit demam berdarah tidak segera meluas,” kata HukumTua Jendry Mokalu.

Baca juga:  Memperingati HUT Minsel Ke 15, Bupati Tetty Beri Apresiasi Bagi Masyarakat Tercinta di Pesta Rakyat

Dan merespon keluhan masyarakat, Pemerintah Desa langsung melaksanakan kerja bakti, pada Sabtu (01/12), dengan melakukan pembersihan sekaligus juga pengasapan alami, yang setidaknya bisa mengusir nyamuk-nyamuk, dilokasi yang terdeteksi, sarang nyamuk.

“Kita sudah melakukan kerja bakti, yakni pembersihan dan pengasapan alami, untuk merespon keluhan masyarakat, yang setidaknya kita sudah melakukan yangvterbaik untuk masyarakat, namun lebih dari itu kami minta ada tindak-lanjut secepatnya dari Dinas Kesehatan untuk melakukan fogging didesa Tambelang,” tambah Mokalu, dalam wawancaranya dengan jurnalis transparansiindonesia.co.id

Sementara itu, iapun menghimbau kepada masyarakat, untuk memberantas perkembang-biakan penyakit demam berdarah tersebut, agar masyarakat harus memelihara pola hidup sehat, dimana salah satunya, tetap menjaga lingkungan agar tetap bersih, tidak menampung air di bak terbuka, ember atau wadah terbuka, dan tempat-tempat lainnya, yang bisa menjadi sarang perkembang-biakan nyamuk.

Baca juga:  Altin Sualang; "Pekan Ini Peresmian BPD di Minsel Rampung"

“Saya himbau agar masyarakat juga dapat mendukung program pemerintah dengan salah satunya menjaga lingkungan hidup tetap bersih dan sehat, yang juga merupakan bagian dari menghindarkan kita warga masyarakat terjangkitnya berbagai penyakit, seperti penyakit demam berdarah,” himbau HukumTua.

Menurutnya juga, menindak-lanjuti dari pemberantasan Perkembang-biakan Nyamuk dilokasi tersebut, pihak Karang Taruna desa Tambelang, akan melaksanakan kerja bakti, pada hari ini (Senin, 03/12), untuk melakukan pembersihan dan pengasapan alami, namun oleh pemerintah desa tetap meminta ada tindak-lanjut secepatnya dari dinas terkait untuk segera melakukan fogging.

(Hengly)*