Pertama di Sulut, Pilhut PAW Digelar di Desa Poopo Barat

by -642 views

Minsel, transparansiindonesia.co.id — Sejarah diukir Desa Poopo Barat, Kecamatan Ranoyapo, Kabupaten Minahasa Selatan, pada Rabu 11 Desember 2018, dimana untuk pertama kali diwilayah Sulawesi Utara, Desa Poopo Barat, menggelar Pemilihan HukumTua Pengganti Antar Waktu (Pilhut PAW).

Desa Poopo Barat menggelar Pilhut PAW untuk memilih Hukumtua Definif yang baru, dikarenakan HukumTua Definitif sebelumnya, mengundurkan diri, karena mengikuti Pemilihan Calon Anggota Legislatif, dan HukumTua didesa tersebut, saat ini dijabat oleh Pejabat HukumTua dari Dinas PMD Minsel, Altin Sualang SSTP.MPA, yang ditugaskan untuk menggelar Pilhut PAW.

Mekanisme Pemilihan digelar sesuai dengan PP nomor 43 tahun 2014 dan permendagri Nomor 65 tahun 2017, yang dilaksanakan melalui forum musyawarah Desa, dimana yang memilih adalah keterwakilan dari masyarakat, seperti Perangkat Desa, BPD dan Tokoh Masyarakat.

Sejak dibuka pendaftaran calon HukumTua, ada tiga orang yang mendaftar, dan lolos berkas, sehingga pelaksanaan Pilhut, diikuti oleh tiga kontestan, yakni Novita Lengkong, Hizkia Sarajar, dan Franky Sengkey.

Dalam pemilihan HukumTua PAW tersebut, dari 30 orang yang memberikan hak suaranya, Novita Lengkong berhasik meraup 12 suara, Franky Sengkey 10 suara, dan Hizkia Sarajar meraup 8 Suara, dengan demikian Novita Lengkong (Ny.Marentek) terpilih sebagai HukumTua Desa Poopo Utara periode 2016-2022.

Baca juga:  27 KPM Desa Kakenturan Terima BLT-Dandes Bulan ke-7, ke-8 dan ke-9

Kepala Dinas PMD Minahasa Selatan Efer Poluakan, mewakili Bupati Minahasa Selatan DR.Christiany Eugenia Paruntu SE, mengatakan mengapresiasi akan pelaksanaan Pilhut PAW ini, dan bisa berjalan dengan sukses, berkat kerja sama dari semua pihak, terlebih pejabat HukumTua yang ditunjuk yang telah mengagendakan pemilihan HukumTua PAW Definitif tersebut.

“Atas nama Bupati DR.Christiany Eugenia Paruntu SE, saya mengucapkan banyak selamat kepada Ibu Novita Lengkong, yang telah terpilih sebagai HukumTua Desa Poopo Barat, dan selamatenjalankan tugas dan tanggung-jawab yang diembankan, melalui forum musyawarah ini kemenangan bukan saja diraih oleh Ibu Novita Lengkong, tapi juga kemenangan masyarakat Desa Poopo Barat, yang telah berhasil dan mensukseskan pemilihan HukumTua PAW ini,” kata Kadis PMD Efer Poluakan.

Sementara itu Pejabat HukumTua Desa Poopo Barat, Altin Sualang SSTP.MPA mengatakan berterima kasih kepada panitia Pilhut PAW, masyarakat dan seluruh komponen masyarakat, yang telah ikut mensukseskan Pilhut PAW tersebut, tetap menjaga keamanan dan ketertiban tetap terjaga dan kondusif, dan nantinya setelah pemilihan ini selesai nantinya akan ditindak-lanjuti dengan pelantikan dan serah-terima jabatan.

“Terima kasih warga Poopo Barat, panitia Pilhut PAW, BPD, Perangkat Desa, tokoh-tokoh masyarakat dan stakeholder yang telah terlibat, sehingga pelaksanaan Pilhut PAW inu boleh terlaksana dan berjalan dengan baik, selamat menjalankan tugas kepada HukumTua yang baru terpilih Ibu Novita Lengkong,” kata Altin Sualang.

Baca juga:  Puluhan THL Distan Minsel, Tanda-tangani SPK dengan Kepala Dinas Pertanian

Ketua Panitia Pilhut PAW Tommy Waney, yang didampingi sekretaris Anggie Purukan mengatakan proses pelaksanaan Pilhut PAW ini boleh terlaksana dengan baik berkat kerja-keras dan kerja-sama yang baik, dari Pejabat HukumTua, seluruh teman-teman panitia, BPD, perangkat Desa, bahkan dukungan dan support dari masyarakat Poopo Barat, selanjutnya setelah oemilihan selesai, kita tinggal menunggu pelantikan yang bersangkutan.

Pelaksanaan Pilhut PAW Desa Poopo Barat, juga mendapat pengamanan dari Polres Minsel, Rayon Minsela, yang dilimpin langsung oleh Wakapolres Minsel Kompol Prevly Tampanguma, dan para Kapolsek serta anggota polsek jajaran.

Hadir menyaksikan pelaksanaan Pilhut PAW tersebut diantaranya Kepala Dinas PMD Minsel, Efer Poluakan yang mewakili Bupati Chriatiany Eugenia Paruntu (CEP), Wakapolres Minsel Kompol Prevly Tampanguma, Camat Ranoyapo Joiske Wakas, Kapolsek Ranoyapo Iptu Jefry mailensun, Kapolsek Motoling AKP Verry Liwutang, Kapolsek Tompasobaru Iptu Robby Tangkere, Wakapolsek Modoinding, Pejabat HukumTua Poopo Barat Altin Sualang, SSTP.MPA, tokoh masyarakat, dan tokoh agama.

(Hengly)*