Gelar Baksos Pemeriksaan Gratis, Jokowers Jakarta Keliling Kota Jakarta

by -384 views
 Jakarta, transparansiindonesia.co.id – Relawan Jokowers Jakarta menggelar kegiatan Bakti Sosial (Baksos) Pemeriksaan Kesehatan dan Pengobatan Gratis di Desa Pondok Udik, Kecamatan Kemang Kabupaten Bogor, Rabu (16/1/2019). Kegiatan ini merupakan bagian terpenting menjaga kesehatan, dimana dalam jiwa raga yang sehat maka aktivitas kehidupan akan berjalan dengan baik.
Hal ini disampaikan dr. Wendy Setiawati Ketua Umum Jokowers Jakarta (JJ) dalam rilis yang disampaikannya. Katanya, kegiatan pemeriksaan dan pengobatan gratis ini dihadiri lebih kurang 500 orang. Terlihat di lapangan kegiatan baksos tampak menarik animo masyarakat untuk ikut serta dalam kegiatan tersebut.
Selain itu ia mengatakan, kegiatan baksos pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis sangat dibutuhkan oleh masyarakat yang tinggal di pedesaan. Katanya, baksos ini meliputi pemeriksaan gula darah, asam urat, kolesterol dan lain-lain.
“Baksos kami peruntukkan bagi masyarakat umum yang ingin memeriksakan diri dan mau berobat gratis. Selain itu, dalam upaya pencegahan dan untuk meminimalisir terjadinya penyakit, masyarakat harus mulai sadar akan pentingnya kesehatan lingkungan, kesehatan pribadi dan pola makan,” kata perempuan yang biasa disapa dokter Wendy ini.
Selanjutnya, kata dokter Wendy jika hal tersebut dilakukan maka tubuh tidak mudah terserang penyakit, karena kesehatan merupakan esensi keberlangsungan hidup manusia.
“Kegiatan Baksos ini sudah dilaksanakan mulai dari bulan oktober 2018 hingga saat ini, kami pun memiliki daerah-daerah binaan relawan Jokowers di beberapa daerah, diantaranya, Ujung Genteng Sukabumi, Tanjung Lesung Banten, Cijambe Subang, Kecamatan Pegaden dan Kecamatan Kemang Kabupaten Bogor” imbuhnya.
Sementara itu seorang perempuan bernama Eneh selaku warga Desa Pondok Udik, Kecamatan Kemang yang ikut dalam kegiatan Baksos Pemeriksaan Kesehatan dan Pengobatan Gratis sangat bersyukur adanya kegiatan Baksos,
“Saya sudah lama mengalami kesemutan, linu dan terkadang demam pada tubuh saya, ingin berobat ke Rumah Sakit tapi jaraknya jauh dari rumah saya, saya dengar ada Baksos Pemeriksaan Kesehatan dan Pengobatan Gratis, langsung saya datang untuk berobat, ini sangat membantu sekali untuk masyarakat seperti saya,” tuturnya.
Wendy mengatakan peran pemerintahan era Jokowi dalam dunia kesehatan sudah sangat baik apabila dibandingkan dengan pemerintahan era sebelumnya.
“Sarana, prasarana dan kemudahan akses kesehatan seperti BPJS dan KIS sudah bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Selain itu, sistem kerja Jokowi sudah banyak membantu masyarakat, seperti infrastruktur, pendidikan, kesehatan dan harga BBM yang sudah sama harganya di semua daerah di Indonesia. Hal ini merupakan sebuah prestasi yang sangat luar biasa, yang belum pernah dilakukan pemerintahan sebelum pemerintahan Jokowi seperti saat ini” tandasnya.
Senanda dengan yang dikatakan oleh dokter Wendy, Ustadz Ahmad Suhadi selaku tokoh masyarakat setempat mengatakan kegiatan Baksos Pemeriksaan Kesehatan dan Pengobatan Gratis sangat positif dan membantu masyarakat, khususnya bagi masyarakat kurang mampu.
“Kegiatan Baksos Pemeriksaan Kesehatan dan Pengobatan Gratis jika bisa dilakukan sesering mungkin, karena kegiatan seperti ini sangat diharapkan oleh masyarakat” ujarnya.
Ustadz Ahmad Suhadi akan mendukung penuh setiap program ataupun kegiatan positif yang memberikan maanfaat untuk masyarakat banyak.
(red)*
Baca juga:  Babinsa Koramil 427-03/Blmbangan umpu dan aparatur kampung sangkaran bakti kec. Blmbangan umpu kab. Waykanan pembersihan bersama di sekitar kantor kampung