Kejutkan Banyak Pihak, Walikota Cirebon Dukung Jokowi-Ma’ruf Dalam Pilpres 2019

by -225 views

Jakarta, transparansiindonesia.co.id – Sikap Wali Kota Cirebon Nasrudin Azis yang mendeklarasikan dukungan kepada Joko Widodo-Ma’ruf Amin di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019, mengejutkan banyak pihak. Meskipun dianggap membelot, Nasrudin memastikan pilihannya tidak dipermasalahkan oleh Demokrat dan Ketua Umum Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Nasrudin mengatakan, sikapnya untuk memilih pasangan calon nomor urut 01 dan bukannya Prabowo Subianto-Sandiaga Uno yang diusung Demokrat, merupakan sikap pribadinya sebagai warga negara RI. Dia meyakini, Partai Demokrat bisa menerima pilihannya yang berbeda.

“Saya tidak mau berandai-andai. Saya yakin Partai Demokrat yang sudah dilatih oleh ketua umumnya Pak SBY  menjadi kader-kader yang berjiwa besar, kader-kader yang menerima demokrasi. Saya hari ini menunjukkan sikap demokrasi sebagai kader Demokrat,” kata Nasrudin usai mendeklarasikan dukungannya kepada Jokowi-Ma’ruf di Cirebon, Sabtu (19/1/2019).

Baca juga:  Mantan Ketua Ranting PDIP Nyatakan Dukung MEP-VT

Nasrudin juga mengatakan, langkahnya untuk mendukung Jokowi-Ma’ruf sudah diketahui oleh Partai Demokrat. “Sampai dengan hari ini, itu langkah saya sudah diketahui, bukan saja oleh Partai Demokrat sebagai partai saya, tetapi oleh partai-partai lain,” ujarnya.

Mengenai tanggapan Ketum Partai Demokrat terhadap keputusan Nasrudin, sejauh ini tidak ada masalah. Demokrat menghargai pilihannya yang berbeda dengan pilihan partai. “Alhamdulillah respons yang saya baca, itu adalah respons yang sifatnya menghargai hak pribadi saya sebagai kader. Sampai hari ini alhamdulillah tidak ada permasalahan,” paparnya.

Sementara Ketua Badan Pemenangan Jokowi-Ma’ruf Amin Jabar, Saan Mustofa mengatakan, dukungan dari Nasrudin Azis sebagai tokoh masyarakat Kota Cirebon yang juga wali kota Cirebon, membuat pihaknya semakin yakin dan optimistis Jokowi-Ma’ruf akan memenangkan Pilpres 2019 di Cirebon secara signifikan. Begitu juga di tingkat Provinsi Jabar.

Baca juga:  Wakili CEP, Wabup Wongkar Serahkan Bantuan Hewan Qurban Bagi Umat Muslim Pada Perayaan Idul Adha

“Kemenangan Pak Jokowi di Jawa Barat ini penting karena akan menentukan kemenangan Pak Jokowi secara nasional,” ujarnya.

Dukungan Nasrudin Azis juga dinilai memberikan dukungan moral dan energi baru kepada seluruh pendukung Jokowi-Ma’ruf untuk memenangkan pasangan nomor urut 01 itu di Piplres.

“Kehadiran Pak Nasrudin Aziz, sekali lagi, memberikan support moral, energi baru, buat menyemangati seluruh pendukung Pak Jokowi baik relawan maupun partai koalisi, untuk bekerja lebih maksimal lagi memenangkan Jokowi-Ma’ruf,” katanya.

 

(red)*