Harits Lokas, Buka Kegiatan Musrenbang Kecamatan Modoinding

by -298 views

Minsel, transparansiindonesia.co.id — Kecamatan Modoinding, menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan Modoinding, yang dilaksanakan di Balai Pertemuan Umum (BPU) Desa Makaaruyen, pada Selasa, 12 Februari 2019.

Kegiatan Musrenbang Kecamatan Modoinding tersebut, dibuka langsung oleh Camat Modoinding Harits Lokas ST, yang dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan Musrenbang ini sangat wajib dilaksanakan, dalam rangka untuk menyusun Rancangan Kerja Pemerintah Daerah
(RKPD), Kabupaten Minahasa Selatan, yang sesuai dengan Visi-Misi Bupati DR.Christiany Eugenia Paruntu SE dan Wakil Bupati Franky Donny Wongkar SH.

“Kegiatan Musrenbang ini sangat wajib dilaksanakan, sesuai dengan aturan, dalam rangka untuk menyusun RKPD Kabupaten Minahasa Selatan, terima kasih atas kehadiran dari semua pihak perwakilan SKPD, para HukumTua, unsur Forkopimca Modoinding, dan semua yang terundang dan hadir dalam kegiatan ini, dan atas nama Bupati DR.Christiany Eugenia Paruntu SE, saya selaku Camat Modoinding, membuka secara resmi kegiatan Musrenbang Kecamatan Modoinding,” kata Camat Harits Lokas, sembari membuka secara resmi kegiatan Musrenbang tersebut.


Dalam sambutannya Camat Lokas pun mewarning kepada para HukumTua, yang tidak hadir dalam kegiatan Musrenbang tersebut, karena menurutnya Kegiatan Musrenbang tersebut sangat penting bagi para HukumTua, dimana selain akan menyampaikan hasil MusrenbangDes, juga akan mendengarkan program-program pembangunan ditiap SKPD di Lingkup Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan.

Baca juga:  Yachika Tumangken, Sosok Ketua TP-PKK Kinalawiran Yang Selalu Tampil Modis Disetiap Momen Kegiatan

Camat Harits Lokas juga mengatakan Musrenbang tersebut digelar guna mendengarkan hasil Musrenbang ditiap Desa, dan nantinya akan ditetapkan skala prioritas untuk dibawa dalam Musrenbang Kabupaten, dalam rangka penyusunan RKPD tahun 2020.

Berbagai usulan dari tiap desa, disampaikan oleh HukumTua maupun Sekdes se-Kecamatan Modoinding, yang umumnya menyampaikan usulan pembangunan Infrastruktur, dan dari hasil Musrenbang tersebut nantinya akan dibawa dalam Musrenbang Kabupaten Minahasa Selatan.

Adapun usulan-usulan yang muncul dalam Musrenbang Kecamatan Modoinding diantaranya, Pengaspalan Jalan Lingkar Modoinding yakni Jalan dari Pinasungkulan-Linelean-Kakenturan-Sinisir, pembangunan sekolah, rehab bangunan sekolah, Puskesmas, dan pembangunan infrastruktur lainnya.

Setelah melalui rembuk kecamatan, maka yang menjadi skala prioritas dari kecamatan Modoinding dalam Musrenbang tersebut adalah Pembanguan jalan lingkar Pinasungkulan-Linelean-Kakenturan-Sinisir, pengasapalan jalan menuju ke objek wisata Puncak Doluong, Jalan Lingkar Linelean-Palelon, pengaspalan Jalan Mokobang, dan pembangunan infrastruktur lainnya, yang nantinya akan dibawa oleh delegasi Kecamatan Modoinding dalam Musrenbang Kabupaten sebentar.

Baca juga:  Tatap Muka Dengan Millitan Desa Linelean, MEP Ajak Tim Berpolitik Santun

Untuk tim delegasi Kecamatan Modoinding terdiri dari Engelin Malonda (HukumTua Pinasungkulan Utara), Jeiny Lahe (Hukumtua Sinisir/Keterwakilan Perempuan), Decky Panungkelen SPd (BPD), Angel Sanger (Tokoh Pemuda), Jendry Koseger (Perwakilan Sekdes).

Camat Harits Lokas berharap skala prioritas dari Kecamatan Modoinding tersebut, dapat terakomodir dalam RKPD Minsel 2019 mendatang, guna pembangunan diberbagai sektor seperti Pariwisata, Pertanian, dan sektor bidang lainnya.

Hadir dalam kegiatan Musrenbang tersebut, perwakilan SKPD diantaranya Kabid Roly Makauli (Bapelitbang), Frely Turangan (Sekdis PP,PA-KB), Brian Rantung (Kabid H-TM, Distan Minsel), Rein Koleangan (Sekdis Kesehatan) dan perwakilan SKPD lainnya, hadir juga Unsur Forkopimca Modoinding, Danramil Modoinding Pelda Dolvi Bukunusa, Kapolsek Modoinding yang diwakili oleh Mandolang, Para HukumTua bersama Sekdes se-Kecamatan Modoinding, Forum Karang Taruna Minahasa Selatan, UPT se-Kecamatan Modoinding, pendamping Desa, serta para undangan lainnya.

(Hengly)*