Resmi Buka Musrenbang RKPD tingkat Kecamatan diTeluk Meranti, Bupati Pelalawan H.M Harris; “Mari Besarkan Petani dan Kelompoknya”

by -301 views

 

TRANSPARANSIINDONESIA.CO.ID PELALAWAN – Bupati Pelalawan HM.Harris resmi buka musrembang RKPD dikecamatan Teluk meranti, kabupaten Pelalawan, Riau. Dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) Kecamatan Teluk Meranti yang berfungsi sebagai dokumen perencanaan tahunan, Musrenbang RKPD Tahun 2019 dibuka oleh Bupati Pelalawan H.M. Harris. Musrembang tersebut bertempat di Halaman Kantor Camat Teluk Meranti, Selasa 26/02/2019.

 

Dalam Musrenbang RKPD yang ke 11 di Kecamatan Teluk Meranti tersebut turut hadir Wakil Ketua DPRD Kabupaten Pelalawan Suprianto.S.P , Camat Teluk Meranti Tengku Safril S.Ip, M.Ap, Kapolsek Teluk Meranti AKP Edi Aryanto dan Seluruh Kepala Desa dan Kelurahaan Se-Kecamatan Teluk Meranti serta tokoh masyarakat.

 

Dalam kesempatan ini Bupati Pelalawan H.M. Harris menyatakan agar terus berupaya dan dapat membesarkan petani serta kelompok-kelompoknya dengan dikumpulkan petani badan hukumnya adalah KUD, dan kepengurusannya secara profesional tidak ada dari anggota kelompok tani jadi pengurus KUD, kelompok tani tersebut akan digaji oleh KUD.

Meski sudah beberapa tahun ini ada pemotongan dana dari pusat, pihaknya masih bisa membangun dengan swadaya dan juga melakukan terobosan dengan menggalakan tujuh program unggulan Kabupaten Pelalawan untuk mengatasi ketertinggalan.

Baca juga:  Pembicaraan Kedua Ranperda APBD-P 2017 dan Pembicaraan Pertama APBD 2018 di Paripurnakan

 

“Kita mengucapkan terima kasih banyak kepada perusahaan. Kita tidak berbicara yang lalu tetapi kedepan agar kebersamaan ini terus dijaga. Perusahaan adalah sebagian dari masyarakat begitu juga Kabupaten Pelalawan dulu tertinggal sekarang sudah berbeda sebab menjadi salah satu kabupaten pendukung program nasional,” katanya.

 

Kepala Bappeda Ir H Syahrul Syarif juga menambahkan dalam kata sambutan pembukaan Musrenbang RKPD Kecamatan Teluk Meranti bahwa di dalam pembangunan itu bukan hanya tugas pemerintah daerah, kecamatan, desa melainkan perusahaan yang juga ikut serta pembangunan berkelanjutan. “Upaya kita yang harus d lakukan untuk meningkatkan dan aktifitasnya dalam dampak yang menjadi tanggung jawabnya,” katanya.

 

Sementara itu, Camat Teluk Meranti Tengku Syafril S.Ip, M.Ap menyampaikan dalam kata sambutan pembukaan Musrenbang RKPD Kecamatan Teluk Meranti bahwa kondisi di wilayah pemerintahaan Kecematan Teluk Meranti aman dan kondusif dan khususnya masayarakat yang ada di wilayah Pemerintahaan Kecamatan Teluk meranti. ” Di Kecamatan Teluk Meranti terdiri dari 8 desa, 1 kelurahaan,” ujarnya.

Didalam kesepakatan perusahaan dengan pemerintahan Kabupaten Pelalawan dan dilanjutkan dengan penandatangan kesepakatan Perusahaan dengan pemerintah meliputi :

Baca juga:  HUT Kabupaten Pelalawan ke-20, Bupati Harris Terima Penghargaan Innovative Government Award Peringkat Pertama

 

PT RAPP “Linggom Dongoran”, yang juga mensupport program Pemerintahaan membuat kesepakatan yang meliputi Program Kesehatan diantaranya ( sunatan massal, Penyuluhan Kesehatan, Pembinaan kader, makanan tambahan), Program Pendidikan( Beasiswa), Program Ekonomi( Pembinaan Petani, SMEs), Program Sosial dan Infrastruktur (Pembangunan Sekolah, Pasar Ikan dll

PT Arara Abadi “Candra Gunawan” yang juga mensupport program pemerintahan membuat kesepakatan yang meliputi Program Pendidikan (memberikan bantuan Guru Honor), Program Ekonomi(Pembinaan Gapoktan), Program Sosial dan Infrastruktur ( Pencucian Canal, Bantuan keagamaan, dan lain-lain).

 

PT The Best One Uni Timber “Edi Suprayitno” mensupport program pemerintah membuat kesepakatan meliputi Program Ekonomi dengan sasaran pembinaan kelompok Nelayan.

 

PT Global Alam Sumatera mensupport dalam kesepakatan dengan pemerintah program Ekonomi dalam bidang pembinaan kelompok nelayan.

 

PT TH Indo Plantation “Aidil Fitri” mensupport dalam kesepakatan dengan pemerintah Program sosial dan infrastruktur dengan sasaran penimbunan jalan desa,

 

Perkebunan Haji Sugito (lilik) mensupport dalam kesepakatan dengan pemerintah dengan program Sosial dan terget sasarannya Hasil bersih 10 Ha untuk anak yatim.

(Advertorial/Dien Puga)