Akreditasi, Kemenkes Sambangi Puskesmas Tompasobaru Selama Tiga Hari

by -424 views

Minsel, transparansiindonesia.co.id – – Tim Surveyor Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, mengunjungi Kecamatan Tompasobaru, dalam rangka Akreditasi Puskesmas Tompasobaru.

Tim Surveyor dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia yang terdiri dari DR. H Budi Utomo SKM, MSi, MPH, dr. Utin Tirta Juniarti, dan drg.Urip Heriyanto M.Kes, akan berada di Puskesmas Tompasobaru selama tiga hari kedepan dari Kamis-Sabtu (14-16 November 2019).

Tiba di Puskesmas Tompasobaru Tim Surveyor disambut dengan tarian Khas Minahasa yakni Tarian Kabasaran dari Sanggar Tari SMK Negeri Tompasobaru, dan selanjutnya kedatangan Tim Surveyor Kemenkes RI tersebut diterima oleh Kepala Puskesmas Tompasobaru Esty Karaki, Sekdis Kesehatan Rein Koleangan, Kabid dr.Rein Soputan, bersama Camat Tompasobaru Drs.Djemy Loa, unsur Forkopimca Tompasobaru dan pegawai dan staf Puskesmas Tompasobaru.


Berada di Puskesmas Tompasobaru, ketiga orang Tim Surveyor dari Kemenkes RI langsung melaksanakan tugasnya dihari pertama dengan melakukan wawancara terhadap para pegawai Puskesmas, dan memeriksa segala berkas yang ada di Puskesmas Tompasobaru.

Kepala Puskesmas Tompasobaru Esty Karaki mengatakan bahwa Puskesmas Tompasobaru dengan segala persiapan yang telah dilakukan sangat siap menghadapi akreditasi Puskemas yang merupakan salah satu indikator maju tidaknya Puskesmas yang ada.

Baca juga:  Kemarau Panjang, Schouten; "Waspada Penyakit ISPA"

Dikatakannya pula bahwa apabila nantinya Puskesmas Tompasobaru lulus dalam akreditasi tersebut, maka masyatakat Tompasobaru yang akan merasakan dampak positifnya karena, mealui akreditasi ini, semua menjadi tolak ukur, dan terlebih pelayanan kepada masyarakat akan lebih ditingkatkan.

“Kita yakin Puskesmas Tompasobaru akan lulus akreditasi dengan peran serta dan dukungan dari semua lintas sektor Kecamatan Tompasobaru serta masyarakat, bahwa keberadaan Puskesmas Tompasobaru sangat dibutuhkan oleh warga masyarakat,” kata Esty Karaki.

Sementara itu Camat Tompasobaru Drs.Djemy Loa mengajak kepada warga masyarakat Tompasobaru untuk yerus memberikan dukungan kepada Puskesmas Tompasobaru dalam menghadapi Akreditasi, karena Puskesmas Tompasobaru merupakan layanan kesehatan tingkat pertama dan itu sangat dibutuhkan oleh warga masyarakat, bersama unsur Forkopimca dan para HukumTua Camat Jemmy Loa mengatakan terus mendukung Puskesmas Tompasobaru dalam menghadapi akreditasi.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Minahasa Selatan dr.Erwin Schouten dalam wawancaranya dengan awak media transparansiindonesia.co.id mengatakan bahwa di Kabupaten Minahasa Selatan ada 7 Puskesmas yang akan diakreditasi dan Puskesmas Tompasobaru merupakan yang ketiga dilakukan setelah sebelumnya ada Puskesmas Maesaan, dan Motoling Barat, setelah Puskesmas Tompasobaru Tim Surveyor dari Kemenkes RI akan melakukan akreditasi di Puskesmas Poopo, Puskesmas Ongkau, Puskesmas Modoinding, dan Puskesmas Suluun.

Baca juga:  Dibuka Langsung Camat Jemmy Loa, Kegiatan Jalan Sehat Awali Rangkaian Kegiatan Menyambut HUT RI ke-74 di Kecamatan Tompasobaru

“Kita semua berharap agar semua Puskesmas yang ada di Kabupaten Minahasa Selatan dapat lulus akreditasi, maka dari itu ia merasa bangga dan berterima kasih kepada para Kepala Puskesmas bersama para pegawai dan staf yang telah mempersiapkan kesiapan dari Puskesmas menghadapi Akreditasi, begitu juga terhadap lintas sektor yang ada di kecamatan, serta warga masyarakat yang terus memberikan dukungan kepada Puskesmas yang ada diwilayah masing-masing kecamatan, Erwin Schouten menyampaikan terima kasih dan apresiasi.

Walaupun Puskesmas Tompasobaru sedang dalam tahap akreditasi, namun dari pantauan awak media ini, pelayanan kesehatan kepada masyarakat tetap berjalan, warga masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan tetap dilayani, karena Puskesmas Tompasobaru tetap mengedepankan pelayanan kepada masyarakat.

(Hengly)*