Begini Cara Yang Pemdes Malola Satu Cegah Penyebaran Covid-19

by -639 views

Minsel, transparansiindonesia.co.id — Pemerintah desa Malola Satu bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia Kabupaten Minahasa Selatan (PMI Minsel) melaksanakan kegiatan upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di Desa Malola Satu dengan melakukan penyemprotan Disinfektan.

Upaya keseriusan dari Pemerintah desa Malola Satu dalam memerangi orang penyebaran virus Corona atau Covid-19, memang betul-betul dilaksanakan dengan segala upaya agar desa Malola Satu bebas Covid-19.

HukumTua Desa Malola Satu Jenly Sinaulan mengatakan bahwa salah satu yang dilakukan dalam upaya pencegahan penularan Virus Corona yakni dengan pembuatan pos jaga dab Portal di akses masuk jalan desa Malola Satu dan Desa Malola.

“Petugas jaga di pos tersebut akan siap siaga selama 1X24 jam untuk melakukan pemeriksaan terhadap warga yang datang atau berkunjung ke desa Malola, ini merupakan upaya dari kita pemerintah desa Malola Satu untuk mencegah penyebaran Covid-19,” ujar Jenly Sinaulan.

Sosialisasi dan himbauan kepada warga masyarakat juga terus dilakukan oleh pemerintah desa, dengan menyampaikan berbagai cara untuk mencegah penularan Virus Corona, seperti Social Distancing, warga masyarakat dihimbau untuk tetap tinggal dirumah, dan jangan melakukan perjalanan atau kegiatan-kegiatan diluar rumah bila tak terlalu penting.

Baca juga:  Hukumtua dan Perangkat Desa Se-Kecamatan Tompasobaru Dibekali Pemahaman Hukum melalui Giat Paralegal Desa

Selain itu pemerintah desa Malola Satu berkerja sama dengan pimpinan denominasi gereja yang ada juga melaksanakan doa bersama masyarakat yang dipandu oleh Pendeta melalui pengeras suara di Menara Doa.

Sehubungan dengan Social Distancing, atau jaga jarak sosial dan ajakan dirumah saja, tentunya akan memengaruhi perekonomian warga masyarakat maka dari itu HukumTua Jenly Sinaulan menghimbau warga masyarakat untuk tidak melakukan pembelian sembako secara berlebihan atau yang penimbunan sembako, dan untuk mengantisipasi kenaikan harga sembako khususnya beras, jagung pemerintah desa telah mengantisipasi dengan akan melakukan operasi pasar murah khususnya beras jika terjadi kenaikan harga beras.

“Begitu juga nantinya untuk pengerjaan dana desa akan dilakukan secara padat karya tunai, dan akan melibatkan warga masyarakat, sehingga warga akan mendapatkan penghasilan guna memenuhi kebutuhan hidup warga masyarakat,” jelas Jenly Sinaulan.

Baca juga:  Relawan Covid-19 Desa Tumani Dilengkapi APD

Ia pun mengajak kepada seluruh warga masyarakat untuk dapat bekerja sama memerangi Covid-19, dengan mematuhi anjuran dan himbauan dari Pemerintah, tidak ada yang melakukan kegiatan dengan melibatkan banyak orang, apalagi kongko-kongko.

Dalam upaya untuk penanganan dan pencegahan penyebaran Covid-19 di Desa Malola Satu, Pemerintah Desa juga telah membentuk Satuan Tugas Covid-19 di Desa Malola Satu yang diketuai oleh Nolvry Tujuwale, dan dibantu oleh pengurus Satgas Covid-19 lainnya dan terus berkoordinasi dengan jajaran Pemerintah Desa.

“Terima kasih kepada pihak PMI Minsel dibawah kepemimpinan Ibu Pnt.dr.Michaela Elsiana Paruntu MARS yang telah memfasilitasi penyemprotan Disinfektan didesa Malola Satu, dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19,” tutup HukumTua Jenly Sinaulan.

(Hengly)*