Launching Sinovac di Puskesmas Poopo, 14 Nakes dan 1 Non-Nakes Divaksin

by -45 views

Minsel, transparansiindonesia.co.id — Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) ‘Luther’ Poopo, Kecamatan Ranoyapo melaksanakan Launching Vaksinasi Vaksin Sinovac yang digelar di Puskesmas Poopo pada Kamis 4 Februari 2021.

Kegiatan Launching Vaksinasi Vaksin Sinovac tersebut dihadiri oleh Camat Ranoyapo Joiske Wakas SPd yang sekaligus juga membuka kegiatan Launching Vaksinasi Vaksin Sinovac tersebut.

Dimana dalam sambutannya Camat Joiske Wakas mengatakan bahwa Vaksinasi dengan vaksin sinovac sudah dilaunching oleh pemerintah pusat dimana presiden Joko Widodo adalah orang pertama yang menerima vaksin tersebut, maka dari itu diharapkannya semua elemen masyarakat untuk mendukung Vaksinasi Vaksin Sinovac tersebut.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan Bupati DR.Christiany Eugenia Paruntu SE dan Wakil Bupati Franky Donny Wongkar SH, secara resmi saya membuka kegiatan Launching Vaksinasi Vaksin Sinovac di Puskesmas Poopo,” kata Camat Joiske Wakas.

Sementara itu, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P-2P) Dinkes Minsel Yuni Panambunan, mengatakan bahwa Vaksin Sinovac sebelumnya telah melalui uji klinis di laboratorium, sehingga telah aman dan halal untuk digunakan, maka dari itu para Tenaga Kesehatan tak perlu khawatir ataupun takut untuk divaksin Sinovac.

“Vaksin Sinovac ini sebelumnya telah melalui uji klinis di laboratorium, sehingga telah aman dan halal untuk digunakan, para Nakes tak usah khawatir ataupun takut untuk divaksin, karena sebagai garda terdepan dalam pencegahan dan memutus rantai penyebaran Covid-19, nakes menjadi prioritas untuk divaksin dengan Sinovac, ini juga adalah bentuk nyata kita bersama para Nakes mendukung program pemerintah untuk pencegahan dan memutus rantai penyebaran Covid-19 di wilayah Indonesia,” kata Kabid Yuni Panambunan.

Baca juga:  91 KPM Desa Kinamang Terima BLT-DD Bulan ke-3

Dikatakannya bahwa untuk Kabupaten Minahasa Selatan mendapatkan 2.400 Flacon Vaksin Sinovac, yang sebagiannya telah disalurkan ke semua Puskesmas yang ada di Kabupaten Minsel sesuai dengan kebutuhan atau jumlah Nakes di Puskesmas setempat.

“Disampaikan pula bahwa Vaksin Sinovac merupakan vaksin untuk menambah imunitas tubuh manusia atau daya tahan tubuh manusia dari berbagai jenis virus termasuk virus corona, jadi dengan divaksin Sinovac maka daya tahan tubuh atau imun tubuh akan meningkat guna menangkal berbagai jenis penyakit,” ujar Yuni Panambunan.

Ditambahkan Yuni Panambunan agar para Nakes untuk dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan baik, karena sebagai garda terdepan pemberantasan Covid-19, para Nakes harus divaksin yang tentunya harus melalui berbagai tahapan sebelum mendapatkan Vaksinasi Sinovac.

“Pergunakan kesempatan ini dengan baik, karena banyak non-Nakes yang ingin mendapatkan Vaksinasi ini, namun karena oleh pemerintah tahap ini masih diprioritaskan bagi oara Nakes maka semua Nakes yang ada di berbagai fasilitas kesehatan harus divaksin Sinovac, jadilah kita contoh yang baik bagi masyarakat dalam upaya memerangi penyebaran Covid-19,” tambah Kabid Yuni Panambunan.

Baca juga:  Bukti Nyata AJP Perangi Covid-19, Bagikan APD dan Sembako di Sumompo dan Wusa

Sementara itu Kepala Puskesmas Poopo, Grace Tulung SST mengatakan untuk Vaksinasi Vaksin Sinovac bagi para Nakes di lingkungan kerja Puskesmas Poopo dibagi dalam dua gelombang, dimana gelombang pertama dilaksanakan pada Kamis (4/2) dan gelombang ke-2 dilaksanakan pada Sabtu (6/2).

“Untuk Vaksinasi Sinovac di Puskesmas Poopo dibagi dua gelombang, dan jumlah Vaksin Sinovac yang di simpan di Chold Chain Puskesmas Poopo berjumlah 29 Flacon.” kata Kapus Grace Tulung.

Disampaikannya pula terima-kasih kepada semua elemen pemerintahan, instansi terkait yang sudah menunjang dan mensupport akan kegiatan Launching Vaksinasi Vaksin Sinovac di Puskesmas Poopo, sehingga Vaksinasi bagi sebagian Nakes di Puskesmas Poopo boleh terlaksana dengan baik dan lancar.

Ia pun mengatakan bahwa selain 14 Nakes yang divaksin Sinovac, juga ada satu non-Nakes yang mendapatkan Vaksinasi Vaksin Sinovac, yakni Kepala Kecamatan Ranoyapo Joiske Wakas SPd.

Hadir dalam Launching Vaksinasi Sinovac di Puskesmas Poopo diantaranya Kabid Yuni Panambunan bersama jajaran, Camat Ranoyapo Joiske Wakas SPd, Kapolsek Ranoyapo Iptu Rani Rorong SE bersama personil Polsek Ranoyapo, Danramil Motoling, dan para Nakes di lingkungan kerja Puskesmas Poopo.

(Hengly)*