29 KPM Poopo Utara Terima BLT-DD, Carl Lumintang Ingatkan Pergunakan Sesuai Kebutuhan

Minsel11 Dilihat

Minsel, transparansiindonesia.co.id — Pemerintah Desa Poopo Utara, Kecamatan Ranoyapo, mulai menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) kepada warga masyarakat yang layak menerima bantuan sebagaimana hasil musyawarah desa penetapan KPM BLT-DD.

Dari hasil musyawarah desa penetapan keluarga penerima manfaat BLT-Dandes, yang dituangkan kemudian dituangkan dalam peraturan kepala desa Poopo Utara tentang KPM BLT-DD, disahkan sebanyak 29 Keluarga Penerima Manfaat BLT-DD.

Pemerintah Desa Poopo Utara, untuk penyaluran BLT-DD bulan pertama (Januari) dilaksanakan pada Sabtu, 22 Mei 2021, bertempat di Kantor HukumTua, dan ada juga penyalurannya dilakukan secara door to door, yakni mengunjungi keluarga di rumah masing-masing terutama para Lansia atau warga yang sudah tidak bisa beraktivitas seperti berjalan.

Penyaluran BLT-DD Poopo Utara, dihadiri pula oleh unsur Forkopimca Ranoyapo yakni Camat Ranoyapo Joiske Wakas SPd, Danramil 1302-17 Motoling Kapt.Inf Ferdinan Pedampa, Kapolsek Ranoyapo Ipda Eko Sutarman yang diwakili oleh Kanit Binmas Aipda Herdy Manese, Ketua BPD Poopo Utara dan jajaran Pemdes.

Dalam sambutannya, Camat Joiske Wakas mengatakan kepada keluarga penerima manfaat BLT-Dandes dan pada masyarakat pada umumnya bahwa, sasaran dari BLT-DD adalah bagi mereka yang masuk kategori keluarga miskin sebagaimana kriteria yang dikeluarkan oleh Kementerian.

Dikatakannya pula bahwa, bantuan langsung tunai dana desa tahun 2021 ini, agar jangan dipergunakan untuk hal-hal yang tidak layak, tapi pergunakan sesuai dengan kebutuhan keluarga guna peningkatan perekonomian keluarga.

Baca juga:  Carl; Tak Ada Gading Yang Tak Retak, Terima-kasih Untuk Semua

Sementara itu HukumTua Desa Poopo Utara, Carl Lumintang mengatakan bahwa untuk BLT-DD tahun 2021 ini, berbeda dengan BLT-DD ditahun 2020 lalu, dimana kalau BLT-DD tahun 2020 sasarannya adalah mereka yang terdampak dari Covid-19, sedangkan untuk BLT-DD tahun 2021 ini, dalam rangka pemulihan ekonomi masyarakat ditengah pandemi Covid-19 saat ini.

Carl J Lumintang pun mengingatkan kepada 29 KPM BLT-Dandes agar memanfaatkan bantuan tersebut sesuai dengan kebutuhan, bukan sesuai dengan keinginan, karena kebutuhan dan keinginan tentunya sangat berbeda.

“Kepada KPM BLT-DD Poopo Utara, saya ingatkan untuk pergunakan bantuan ini sesuai dengan kebutuhan, bukan sesuai dengan keinginan, karena untuk tahun 2021 ini, sasaran BLT-DD adalah dalam rangka pemulihan ekonomi masyarakat, jadi contohnya manfaatkan bantuan ini dengan membuka lahan pertanian dan bercocok tanam, guna peningkatan perekonomian keluarga,” kata Carl J Lumintang.

Bantuan Langsung Tunai Dana Desa Poopo Utara, akan disalurkan kepada 29 KPM, dan setiap KPM akan mendapatkan bantuan dari anggaran Dana Desa tersebut sepanjang 12 bulan sebesar Rp.300.000.

Dikatakannya pula bahwa, untuk penerima BLT-DD desa Poopo Utara tahun 2021, adalah sesuai dengan hasil keputusan musyawarah desa antara BPD, pemerintah desa, dan tokoh agama serta tokoh masyarakat, yang setelah ditetapkan, kemudian dituangkan dalam Perkades Poopo Utara tentang jumlah KPM BLT-DD Poopo Utara tahun 2021.

Baca juga:  Desa Poopo Utara Gelar Musrenbangdes RKPD 2023

Kepada para Keluarga Penerima Manfaat Bantuan Langsung Tunai Dana Desa, oleh pemerintah desa Poopo Utara langsung melakukan penempelan stiker Keluarga Miskin, dimana agar warga masyarakat dapat mengetahui bahwa KPM BLT-DD adalah mereka yang layak dan masuk kategori keluarga miskin didesa.

Salah satu warga penerima BLT-DD yakni Yan Karel Rondonuwu mengatakan, bantuan tersebut akan ia pergunakan sesuai dengan kebutuhan, apalagi bantuan tersebut berkelanjutan ditahun 2021 ini, dimana akan dipergunakan untuk peningkatan perekonomian keluarga.

Selain penyaluran BLT-DD, dihari yang sama pula Pemdes Poopo Utara menyalurkan makanan tambahan kepada bayi dan ibu hamil disela kegiatan Posyandu yang dilaksanakan oleh Puskesmas Poopo.
Dimana makanan tambahan yang diberikan oleh Pemdes Poopo Utara berupa Susu, Vitamin, dan makanan tambahan lainnya yang diperlukan oleh Bayi dan Ibu Hamil.

Kepada awak media transparansiindonesia.co.id HukumTua Carl Lumintang mengatakan bahwa dua kegiatan tersebut yakni penyaluran BLT-DD dan kegiatan Posyandu adalah kegiatan prioritas dari Pemdes Poopo Utara melalui anggaran dana desa, selain kegiatan upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

Kepada warga masyarakat ia pun terus mengingatkan agar selalu disiplin dalam penerapan protokol kesehatan secara ketat, dimana saat ini masih dalam masa pandemi, sehingga salah satu upaya bersama dalam mencegah san memutus rantai penyebaran Covid-19 yakni disiplin dalam penerapan protokol kesehatan disetiap aktivitas sehari-hari. (Hengly)