Indonesia Bisa Ekspor Bawang Merah ke Lima Negara

by -175 views

Jakarta/transparansiindonesia.com – Direktur Jenderal Holtikultura Kementerian Pertanian, Spudnik Sujono, mengatakan, Indonesia sudah bisa mengekspor bawang merah asal Kabupaten Enrekang ke lima negera, yakni Vietnam, Taiwan, Malaysia, Timor Leste dan Singapura.

Hal tersebut disampaikan Spudnik Sujono dalam acara festival bawang merah nasional yang diselenggarakan di lapangan Andi Liu, Kecamatan Cakke, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan. Acara ini digelar selama dua hari, 14 hingga 15 Okteber 2017.

“Kita sudah bisa mengekspor bawang merah ke lima negara, dahulu hanya bisa mengimpor bawang merah untuk memenuhi kebutuhan bawang merah nasional. Bahkan, kemarin kita sudah mengekspor sekira 14 kontainer atau sekira 95 ton bawang merah Kabupaten Enrekang,” kata Spudnik, Minggu (15/10/2017).

Baca juga:  Ketum KKK Angelica Tengker, Hadiri Seminar Bela Negara yang Dilaksanakan KKK Kaltim

Sementara itu, Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengatakan, Indonesia adalah negara yang indah dan subur. Namun bawang merah masih diimpor. Sejak menjabat Menteri Pertanian tahun pertama dan kedua, Indonesai masih mengimpor bawang merah.

“Di tahun pertama saya menjabat Menteri Pertanian, Indonesia Impor Bawang Merah sebanyak 72.000 ton, ditahun kedua kita mengimpor sebanyak 17.000 ton, namun pada tahun ketiga kita tidak ada lagi impor, dan bahkan kita sudah bisa mengekspor ke lima negara.” jelas Amran.   (red/TI)