Sampah Jadi Berkah, Dengan Hadirnya Bank Sampah

by -210 views

  Jakarta / transparansiindonesia.com – Persoalan masalah sampah menjadi suatu hal yang sangat serius, apalagi di Kota Jakarta yang Volume Sampahnya begitu besar, menjadi suatu masalah yang harus dilakukan secara serius pula.

Namun bagi sebagian warga Jakarta, yang mereka tinggal di RW 010, Keluaran Cakung Barat, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur, Sampah yang dahulunya mereka anggap sesuatu yang tidak berharga, yang hanya menjadi suatu masalah, kini dengan adanya Bank Sampah, yaitu badan usaha , bahkan ada yang bisa menghidupi kebutuhan hariannya dengan mengumpulkan Sampah lalu di bawa ke Bank Sampah.

Ketua RT 04, RW 010, Cakung Barat, Ibu Melani yang menjadi pengelola Bank Sampah tersebut, Yang adadi di Blok Cendana RT 04, dan kini sudah memiliki banyak nasabah.

Ketua RW 010, Cakung Barat Tommy Turangan SH mengapresiasi Usahabyang dilakukan oleh salah satu ketua RW yang ada di wilayahnya ini, menurutnya dengan hadirnya Bank Sampah diwilayahnya dapat mengatasi sampah yang ada di RW 010, yang sedang dibangun di rumah tangga, juga ia menghimbau kepada warga masyarakat untuk menabung di Bank Sampah, yang ternyata Bagi sebahagian orang menganggap sampah adalah suatu masalah, namun bila kita giat mengumpulkan sampah dan menjadi nasabah Bank Sampah, pasti akan menguntungkan kita, san dari situ kita bisa mendapatkan uang.

Hadirnya Bank Sampah dapat menguntungkan semua pihak baik itu pemerintah, masyarakat dan pengeola Bank Sampah itu sendiri, dengan adanya bank sampah, lingkungan akan bersih dan nyaman, san masyarakat dapat menikmati lingkungan yang bersih tesebut dengan baik, dan bagi mereka tang sudah menjadi nasabah, dapat mengambil keuntungannya

“Kepada warga masyarakat yang ada di RW 010, marilah kita menjadi nasabah Bank Sampah, Mengumpulkan sampah-sampah plastik, kertas dan lainnya, lentur ke bank sampah, karena sampah dapat membawa berkat bagi kita, asalkan kit tekuni dengan serius dan sabar, karena itu juga sapat membantu ekonomi keluarga, sudah banyak loh, masyarakat yang tabungannya sudah mencapai jutaan rupiah, bahkan puluhan juta, hanya dengan tabungan sampahnya di Bank Sampah “kata Tommy Turangan saat berada di lokasi Bank Sampah.

  Turangan pun mengharapkan Bank Sampah ini, boleh menjadi contoh bagi daerah lain, dalam hal hal sampah, Karena Sampah akan menjadi berkat, kita mengelolanya dengan baik. ( Hengly./TI)

Baca juga:  Jokowi dan Prabowo Ketemu di Istana Merdeka