Mangowal; “Lewat Dandes Pembangunan di Desa Tumani Semakin Meningkat”

by -253 views

Amurang/transparansiindonesia.com – Program Presiden Joko Widodo untuk meningkatkan infrastruktur di daerah memang sangat dirasakan oleh masyarakat, melalui program Dana Desa (Dandes) banyak desa yang tingkat perekonomiannya semakin meningkat.

Seperti yang terjadi di Desa Tumani Kecamatan Maesaan, lewat program Dana Desa, banyak pembangunan infrastruktur yang ada diDesa, telah di bangun dan sementara dilaksanakan, seperti pembuatan Talud, Pengaspalan Jalan, serta perintisan dan perkerasan Jalan Kebun.

HukumTua Desa Tumani Meiby Mangowal mengatakan, program Dana Desa, sangat berdampak terhadap pembangunan yang ada di Desa Tumani, karena dengan adanya Dan Desa banyak infrastruktur yang telah dibuat seperti Pembuatan Talud, pengaspalan Jalan, serta perintisan dan perkerasan jalan kebun, dan juga pembangunan infrasruktur lainnya.

Baca juga:  Diketuai Micha Paruntu, Kwarcab Pramuka Minsel Resmi Dilantik

Selain pembangunan fisik, kegiatan yang didanai oleh dana desa untuk desa Tumani juga meliputi pemberdayaan masyarakat seperti pelatihan-pelatihan, yang kesemuanya untuk meningkatkan kapasitas perangkat desa dalam pelayanan kepasa masyarakat.

“Untuk pelaksanaan segala kegiatan yang didanai oleh dana desa tahap satu, semuanya telah dilaksanakan, san laporannya telah disampaikan, saat ini tinggal menunggu pencairan tahap dua, untuk melanjutkan segala kegiatan sesuai dengan APBDes yang telah ditetapkan.” kata HukumTua Meiby Mangowal.

Iapun menambahkan untuk total jumlah belanja Desa Tumani adalah 1.121.739.000 yang terdiri dari Dana Desa 750.159.000, Alokasi Dana Desa 313.980.000, serta swadaya 57.600.000, Iapun menambahkan dalam pelaksanaan pembangunan didesa yang walaupun mendapat bantuan dana dari Pemerintah pusat dan daerah, namun kerjasama dari seluruh masyarakat juga sangat diperlukan untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.   (Hengly/TI)