Tim Peneliti STIK Kunjungi Polres Minsel, Bahas Ujaran Kebencian

by -181 views

Amurang/transparansiindonesia.com -Tim Peneliti dari Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK) dipimpin oleh Brigjen Pol. Drs. Oerip Subagyo, Polres Mulia Minahasa Selatan, pagi tadi, Rabu (22/11). Kunjungan tersebut dalam rangka melakukan penelitian terhadap penyebaran “kebencian ucapan” (ujaran kebencian) yang bisa merusak persatuan dan kesatuan bangsa, serta upaya pencegahan dan pelaksanaannya.

Adapun Tim Peneliti terdiri dari beberapa dosen STIK Kombes Pol Drs. Fery Abraham, MM, AKBP Drs. H. Samsuri MM sebagai sekretaris Tim Peneliti, Pembina Dr. Zulkarnein Koto, SH, M.Hum, dan Pembina Dr. (C) Ekawaty K, SH, M.Hum.

Kedatangan Tim langsung oleh Kapolres Minahasa Selatan AKBP Arya Perdana, SH, SIK, MSi, Wakapolres Kompol Prevently Tampanguma, SH, dan seluruh Pejabat Utama Polres Minahasa Selatan. Usai transit di ruang kerja Kapolres, Tim Dosen STIK kemudian melakukan kegiatan penelitian yang mengikuti Kabag Ops, Kasat Intelkam, Kasat Reskrim, Kasat Binmas, Kasubbag Humas, insan Pers daningkatan tokoh masyarakat.

“Hate Speech atau ujaran kebencian yang lagi tren saat ini, baik yang diucapkan secara langsung maupun melalui media sosial menjadi salah satu potensi yang bisa merusak persatuan dan kesatuan kehidupan berbangsa dan bernegara, olehnya harus ada aksi nyata dalam upaya pencegahan dan penanggulangannya,” ungkap Kombes. Pol Drs. Fery Abraham, MM

Terpantau kegiatan korespondensi penelitan ‘hate speech’ ini berlangsung aktif, semua peserta sangat antusias dalam memberikan pendapat, opini bahkan saran penanggulangan terhadap ujaran kebencian. (Hengly/TI)*

Baca juga:  Peringati Bulan Bakti Gerakan Pramuka dan HUT Pramuka, Kwaran Maesaan Bersama DKR Maesaan Gelar Baksos