Menjelang Akhir Tahun, Turangan Ingatkan Walikota Manado Perhatikan Kualitas Kerja Perangkat Daerah

by -268 views

Manado/transparansiindonesia.com –  Pemerintah Kota Manado di akhir tahun 2017 memang tengah bekerja ekstra menyelesaikan program dan proyek yang telah diprogramkan tiap-tiap Perangkat Daerah. Untuk mewujudkan implementasi program yang berkualitas, maka masyarakat perlu melakukan pengawasan. Salah satunya, Aliansi Masyarakat Transparansi Indonesia (AMTI) mengingatkan Wali Kota Manado, Dr GS Vicky Lumentutdan Wakil Wali Kota, Mor Dominus Bastiaan, SE untuk tidak tinggal diam.

‘’Di akhir tahun, biasanya banyak Parangkat Daerah yang kejar target. Alhasil, program yang dijalankan tidak berjalan maksimal, itu sebabnya AMTI mengingatkan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Manado agar memperhatikan kualitas kerja, jangan sampai pimpinan Perangkat Daerah dan kontraktor hanya berorientasi mengejar keuntungan semata, sehingga mengabaikan tujuan program yang sebenarnya. Lihat saja, biasanya banyak yang bermasalah hukum di akhir tahun,’’ ujar Tommy Turangan, SH, selaku Ketua Umum AMTI, Jumat (8/12/2017).

Baca juga:  Andrei Angouw Hadiri Dies Natalies Ke-62 Faperta Unsrat

Disampaikannya pula bahwa pentingnya proyek maupun kegiatan berupa sosialisasi, dalam hal ini program fisik dan non-fisik dilaksanakan secara transparan serta professional agar membawa dampak positif untuk warga Kota Manado. Turangan menambahkan pemerintah Kota Manado diharapkan dapat hadir bersama masyarakat, mendengarkan keluhan masyarakat, tidak cenderung menjalankan program yang tidak sesuai dengan kebutuhan prioritas masyarakat.

‘’Kegiatan fisik dan non-fisik perlu dijalankan secara benar, karena ada kecenderungan sering kali didapati temuan, dimana pimpinan Perangkat Daerah terjerat masalah hukum dikemudian hari, disebabkan program akhir tahun yang bersifat ‘kejar tayang’ dan asal-asalan (tidak beres). Jangan hanya mau cari keuntungan, kasihan masyarakat terutama pembangunan infrastruktur harus memperhatikan kualitas. Selain itu, kaitan program dengan apa yang menjadi kepentingan masyarakat patut menjadi perhatian,’’ tutur Turangan, sambil memberi perhatian khusus pada proyek yang dijalankan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Kota Manado yang sering kali mendapatkan sorotan.   (red/TI)*

Baca juga:  Walikota GSVL Pantau Kesiapan Manado Fiesta 2017

 

sumber/suluttoday