Presiden Jokowi Lepas Kontingen Garuda Penjaga Perdamaian yang Akan Bertugas di Kongo dan Lebanon

by -340 views

Jakarta, transparansiindonesia.co.id – Presiden Republik Indonesia Ir.Joko Widodo, bertempat di pusat misi pemeliharaan perdamaian TNI di Sentul, Bogor, pada Jumat 31 Agustus 2018, melepas 960 Personil Kontingen Garuda yang nantinya akan menjalankan tugas sebagai pasukan penjaga perdamaian dibawah Bendera PBB. Kontingen Garuda akan melaksanakan tugas menjaga perdamaian didua negara yaitu Kongo dan Lebanon.

Indonesia merupakan salah satu negara yang kini masuk sepuluh besar sebagai negara yang banyak mengirimkan pasukannya untuk menjaga perdamaian dunia, sejak tahun 1957, Indonesia telah mengirimkan lebih dari 38.000 pasukan penjaga perdamaian dunia dibawah bendera PBB, dan peran tersebut tak pernah diputuskan sampai saat ini.
960 Pasukan Garuda tersebut, nantinya akan menjadi bagian dari 3.532 kontingen Garuda yang kini sedang bertugas menjaga perdamaian dunia dibawah bendera perdamaian PBB.

Baca juga:  Menkeu : Indonesia Tak Ada Niat Mengajukan Pinjaman Karena Kondisi Fundamental Ekonomi Saat Ini Cukup Baik

Presiden Joko Widodo mengatakan, dalam menjalankan tugasnya, Kontingen Pasukan Garuda akan menggunakan produk-produk strategis buatan dalam negeri. Yang nantinya hal ini akan menjadi etalase bagi keandalan produk industri strategis Indonesia, seperti Panzer Anoa buatan Pindad, yang dikendarai Presiden Jokowi bersama Panglima TNI diwaktu pelepasan kontingen.

“Kita patut berbangga bahwa kontingen Garuda, dibawah berbagai misi PBB selalu diterima, dihargai dan bisa berbaur dengan masyarakat setempat, hal ini menjadi suatu kebanggan warga NKRI, yang dimana saat ini kita juga selaku tuan rumah kegiatan multi event Asian Games dan telah menorehakan sejarah sampai saat ini telah berhasil mengumpulkan 30 keping medali emas, saya mengajak kita semua untuk terus mensukseskan kegiatan multi event tersebut,” kata Presiden Jokowi.

Baca juga:  Awalnya Dukung Prabowo, Para Artis ini Pindah Haluan dan Dukung Jokowi

Melepas kontingen pasukan Garuda, tak lupa Jokowi menyampaikan kepada para personil untuk selamat bertugas, jalankan tugas dengan baik, dan selalu menjaga nama baik bangsa dimata dunia.

(red/TI)*