Bertempat di Puncak Doluong Modoinding, Camat Harits Lokas Resmikan BPD se-Kecamatan Modoinding

by -403 views

Minsel, transparansiindonesia.co.id – Bupati Minahasa Selatan DR.Christiany Eugenia Paruntu SE, yang diwakili oleh Camat Modoinding Harits Lokas ST, mengambil sumpah dan janji jabatan sekaligus meresmikan para anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) se-Kecamatan Modoinding.

Pengambilan Sumpah, janji jabatan dan peresmian anggota BPD tersebut digelar di objek wisata Puncak Doluong Modoinding, pada Jumat 6 September 2018. Acara diawali dengan Menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, selanjutnya pembacaan Surat Keputusan dari Bupati Minahasa Selatan dengan Nomor 416 tentang peresmian anggota BPD se-Kecamatan Modoinding.

Sebanyak 78 Anggota BPD, dari 10 Desa yang ada di Kecamatan Modoinding, hasil dari Pemilihan BPD yang dilaksanakan beberapa waktu lalu, hadir dalam peresmian anggota BPD ini, dan disaksikan oleh para HukumTua se-Kecamatan Modoinding dan Rohaniawan serta warga masyarakat yang hadir dalam peresmian anggota BPD tersebut.


Dalam sambutan Bupati Minahasa Selatan yang dibacakan oleh Camat Harits Lokas ST mengatakan agar nantinya para anggota BPD yang baru saja diresmikan dapat mengemban tugas dan tanggung jawab yang dipercayakan oleh masyarakat dengan sebaik-baiknya dan penuh tanggung-jawab.

“Anggota BPD kiranya dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan baik, dan melaksanakan tugas kerja sesuai dengan tugas pokok dan fungsi BPD yaitu, Membahas dan menyepakati rancangan peraturan desa bersama HukumTua, Menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat desa, dan melakukan pengawasan kinerja Kepala Desa/HukumTua,” kata Camat Harits Lokas.

Baca juga:  Desa Liningaan Dapat 30 Unit BSPS

Camat Harits Lokas pun menyampaikan agar BPD yang baru dilantik sebagai lembaga Demokratisasi desa untuk mampu menempatkan diri sebagai lembaga Artikulator dan wakil masyarakat yang mampu mempresentasikan kepentingan seluruh masyarakat desa.

“Selamat melaksanakan tugas dan tanggung jawab kepada BPD yang baru dilantik, dan kepada BPD yang telah Demisioner terima kasih atas pengabdian kepada masyarakat dan desa, bersama jajaran pemerintah desa dan lembaga lainnya ikut mendukung pembangunan didesa,” tambah Camat Harits Lokas.

Sementara itu Kepala Dinas PMD Minsel Ever Poluakan menyampaikan apresiasi dengan peresmian BPD se-Kecamatan Modoinding, dimana menjadi satu-satunya kecamatan yang peresmian BPD-nya digelar diluar kantor Kecamatan, tapi digelar disuatu tempat yakni di objek wisata Puncak Doluong Modoinding, yang letaknya sangat indah dengan suhu udara yang sejuk.

“Menjadi kesan tersendiri bagi kami Dinas PMD Minsel, Peresmian BPD se-Kecamatan Modoinding digelar di salah satu objek wisata Minsel yakni Puncak Doluong, saya mengapresiasi akan inisiatif dari Pemerintah Kecamatan bekerja sama dengan pemerintah desa dan panitia Pemilihan BPD disetiap Desa atas inovasi dan inisiatif, dimana pelaksanaan Peresmian BPD digelar di Puncak Doluong yang indah ini,” kata Kadis Ever Poluakan.

Baca juga:  Wow... Bunga di Median Jalan Amurang Marak Dicuri

kepada para anggota BPD yang baru dilantik, Ever Poluakan berharap agar terus menjalin sinergitas dengan jajaran pemerintahan desa dan lembaga desa lainnya, untuk terus saling mendukung melaksanakan program kerja desa, dan melaksanakan pembangunan didesa.

“Setelah dilaksanakan peresmian BPD, langsung ditindak lanjuti dengan pemilihan struktur keanggotaan BPD mulai dari Ketua sampai kepada anggota, agar supaya tugas dan kerja BPD disetiap desa langsung berfungsi sesuai dengam bidangnya masing-masing,” tambah Ever Poluakan
Salah satu anggota BPD yang baru dilantik, Vendy Tendean, (BPD Desa Kakenturan Barat) ketika diwawancarai media ini mengatakan akan melaksanakan tugas dan fungsi serta tanggung jawab sebagai BPD dengan sebaik-baiknya sesuai dengan Tupoksi BPD.

Hadir dalam peresmian BPD se-Kecamatan Modoinding, diantaranya Kadis PMD Minsel Ever Poluakan bersama staf dan Pegawai DPMD, Kapolsek Modoinding, Para HukumTua se-Kecamatan Modoinding, Tokoh masyarakat, serta tamu undangan lainnya.

Berikut Jumlah Anggota BPD se-Kecamatan Modoinding ditiap Desa;
1. Mokobang : 7 anggota BPD
2. Wulurmaatus : 7 anggota BPD
3.Palelon : 7 anggota BPD
4. Makaaruyen : 9 anggota BPD
5. Pinasungkulan Utara : 9 anggota BPD
6. Pinasungkulan : 9 anggota BPD
7. Linelean : 7 anggota BPD
8. Sinisir : 9 anggota BPD
9. Kakenturan : 7 anggota BPD
10. Kakenturan Barat :7 anggota BPD

(Hengly)*