Tompasobaru Dua Ba Asap,Dalam Rangka HUT Desa Masyarakat Bakar Nasijahe Sepanjang 1 KM

by -332 views

Minsel, transparansiindonesia.co.id – Sabtu, 22 September 2018, kepulan asap tebal, bertebaran diatas bumi desa Tompasobaru Dua, hal tersebut dikarenakan dalam rangka memperingati HUT Desa Tompasobaru Dua ke-40 tahun dan HUT Tompasobaru Raya ke-94 tahun, Para warga masyarakat Tompasobaru Dua membakar Nasijahe sepanjang 1 KM (1000 meter), dan diperkirakan ribuan bulu Nasijahe dibakar disepanjang 1 KM jalan trans Sulawesi Tompasobaru Dua.

Warga pun sangat antusias ikut membakar nasijahe, sehingga ribuan masyarakat tumpah-ruah ke jalan, meramaikan dan memeriahkan Kegiatan tersebut.


Selain kegiatan bakar nasijahe, panitia HUT Desa yang diketuai oleh Ketua Brurtje Maramis SH.MH dan Sekretaris Steven Kumarurung, juga melaksanakan berbagai kegiatan lainnya, yakni Kegiatan Jalan Sehat dan Ziarah ke Makam para Mantan HukumTua dan para pendiri Desa, yang merupakan pembukaan dari seluruh rangkaian kegiatan-kegiatan dalam rangka menyambut HUT Desa Tompasobaru Dua.

Ada juga kegiatan Bakti Sosial Pengobatan gratis, termasuk didalamnya pemeriksaan kesehatan, pemeriksaan mata, dan pemberian kacamata yang kesemuanya secara gratis.

Dan pada Jumat 21 Sepetember dilaksanakan Paripurna Desa yang dihadiri oleh Jajaran pemerintah desa, BPD, Lembaga-lembaga Desa dan para masyarakat, yang juga turut dihadiri oleh Kepala Dinas PMD Minahasa Selatan Ever Poluakan, mewakili Bupati Christiany Eugenia Paruntu SE.

Dalam sambutannya Kadis PMD Minsel mengajak Desa Tompasobaru Dua untuk menjadi pelopor pembangunan dengan turut serta membangun desa, daerah, bangsa dan negara. “Atas nama Bupati Christiany Eugenia Paruntu SE, saya mengucapkan selamat bersyukur bagi Desa Tompasobaru Dua yang merayakan HUT ke-40, dan selamat HUT Tompasobaru ke-94 tahun, kiranya moment HUT ini dapat menjadikan kita manusia yang mampu menjadi pelopor pembangunan,” ujar Poluakan.

Baca juga:  Franki Pasla Lantik Pengurus Karang Taruna Desa Lowian

Selesai paripurna dilanjutkan dengan Ibadah Syukur yang dipimpin oleh Ketua BPMW GMIM Tompasobaru Dua Pdt Conny Kandey MTh. Selanjutnya digelar Doa Berantai, yang diikuti oleh Seluruh Denominasi Gereja, bahkan juga diikuti oleh lintas Agama yang ada di Desa Tompasobaru Dua, dimana Umat Muslim terlihat mengikuti Doa Berantai ini.

Ketua Panitia HUT Desa Tompasobaru Dua ke-40, Brurtje Maramis SH.MH mengatakan sesuai dengan tema HUT Desa kali ini yakni, ‘Mari Membangun Desa’ ia mengajak semua warga untuk berpartsipasi aktif dalam segala program pembangunan di Desa, yang kesemuanya untuk kesejahteraan masyarakat Desa. Bukan saja terfokus pada pembangunan infrasruktur, tapi juga pembangunan sumber daya manusia yang berkualitas sangat penting, terlebih generasi muda yang merupakan tulang punggung desa, harus mampu menjadi manusia yang berkualitas, agar mampu bersaing dimasa depan.

“Melalui moment HUT Desa Tompasobaru Dua ke-40 tahun dan HUT Tompasobaru yang ke-94 tahun, saya mengajak kepada seluruh warga Tompasobaru Dua baik yang tinggal di Desa maupun yang ada di luar Desa, untuk kita semangat membangun, sesuai dengan tema HUT Desa kali ini.

Brurtje Maramis pun menambahkan bahwa Rangkaian kegiatan HUT Desa ini menjadi sangat spesial, karena pada tanggal 21 Spetember kemarin HukumTua Desa Tompasobaru Dua, Herman Palit SPi, merayakan Hafi Ulang Tahun ke-49 tahun.

Baca juga:  Baksos Pengobatan Gratis, Warnai Rangkaian Kegiatan Menyambut HUT Desa Tompasobaru Dua ke-94 Tahun

“Saya selaku ketua panitia, juga mengataa-namakan seluruh masyarakat Tompasobaru Dua mengucapkan selamat ulang tahun ke-49 buat HukumTua Herman Palit SPi, serta juga saya selaku Ketum Rukun Minaesa di Jakarta dan sekitarnya mengucapkan selamat bersyukur untuk Desa Tompasobaru Dua dan Tompasobaru Satu, serta kepada HukumTua Herman Palit SPi yang bersyukur karena ketambahan usia menjadi ke-49 tahun, Tuhan kiranya memberkati kita semua.

Diakhir wawancaranya dengan Jurnalis transparansiindonesia.co.id Brurtje Maramis, yang merupakan advokad handal ini, juga mengundang seluruh warga masyarakat, untuk hadir dalam acara konser legenderis atau pesta rakyat yang digelar pada Sabtu Malam, serta juga masih ada kegiatan Adventure yang akan dilaksanakan pada Minggu (23/9) dan dimulai pada pukul 13:00 Wita.

Sementara itu HukumTua Desa Tompasobaru Dua, Herman Palit SPi, mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia, jajaran pemerintah Desa, BPD serta lembaga desa lainnya, bahkan masyarakat Desa Tompasobaru Dua dan stake holder lainnya, yang sudah turut serta berpatispasi aktif, mendukung dan mensukseskan setiap kegiatan dalam rangka memperingati dan memeriahkan HUT Desa Tompasobaru Dua ke-40 tahun.

Kegiatan pada Sabtu malam ini, sangat meriah, apalagi dengan adanya konser atau pesta rakyat, dan dipastikan ribuan masyarakat akan menghadiri kegiatan tersebut, puluhan personil polisi dari Polsek Tompasobaru, dibantu personil dari Polres Minsel dan Polsek Rayonisasi terlihat ikut membantu mengatur lalu-lintas sekaligus juga menjaga keamanan dan ketertiban.

(Hengly)*