Berantas Rabies, Ratusan Anjing Peliharaan di Tambelang di Vaksin Rabies

by -199 views

Minsel, transparansiindonesia.co.id – Guna memberantas penyebaran penyakit rabies, di kabupaten Minahasa Selatan, maka Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan dibawah kepemimpinan Bupati DR.Christiany Eugenia Paruntu SE dan Wakil Bupati Franky Donny Wongkar SH, melalui Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Minsel, melaksanakan penyuntikan rabies di wilayah Kecamatan Maesaan.

Bupati Minahasa Selatan DR.Christiany Eugenia Paruntu SE, menginginkan agar Minahasa Selatan bebas kasus penyakit rabies, sehingga berbagai program dilaksanakan, untuk memberantas penyakit tersebut, yang ditularkan melalui gigitan hewan anjing, dan salah satunya, yakni melalui program vaksin rabies bagi hewan anjing peliharaan warga, dan Bupati pun meminta agar warga masyarakat dapat bekerja sama dengan baik dengan memberikan hewan mereka untuk divaksin rabies, karena penyakit ini merupakan penyakit yang sangat berbahaya.

Dan pada Kamis, 4 Oktober 2018, Tim Vaksinator Rabies dari Distanak Minsel, melakukan penyuntikan rabies bagi hewan anjing yang ada di Desa Tambelang, Kecamatan Maesaan, dimana tercatat ada kurang lebih 350-an hewan anjing yang mendapat suntikan rabies.

Baca juga:  Mariana Paat; "Terima Kasih Warga Uwuran Dua yang Telah Mensukseskan Kegiatan HUT RI ke-74"

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Minsel, melalui Kepala Bidang Peternakan Nora Saroinsong mengatakan bahwa penyuntikan hewan anjing ini adalah upaya meminimalisir dan memberantas penyebaran penyakit Rabies, yang penularannya melalui hewan anjing dan kucing. Dimana nantinya penyuntikan hewan anjing ini akan dilakukan diseluruh desa yang ada di Kecamatan Maesaan, mengingat jarak antar desa sangat dekat, sehingga penyuntikan rebies pada hewan anjing ini akan menyisir setiap desa di Maesaan.

“Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan, Ibu Bupati Christiany Eugenia Paruntu SE, melalui Distanak Minsel, yang dipimpin Kepala Dinas Franky Pasla, melakukan giat ini, untuk mencegah, meminimalisir, sekaligus juga memberantas penularan penyakit rabies, dan diharapkan kepada masyarakat yang memiliki hewan anjing peliharaan, agar dapat memberikan anjing peliharaan untuk disuntuk oleh petugas vaksinator,” kata Nora Saroinsong.

Baca juga:  Dollar Terus Melemah Terhadap Rupiah, Bukti Omongan Jokowi Beberapa Waktu Lalu

Ia pun menambahkan bahwa petugas vaksinator merupakan tenaga profesional dibidangnya, yang terdiri dari tenaga kontrak dan ASN.

Sementara itu HukumTua Desa Tambelang Jendry Mokalu mengatakan bahwa sangat berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan Bupati DR.Christiany Eugenia Paruntu SE dan Wakil Bupati Franky Donny Wongkar SH, melalui Dinas Pertanian dan Peternakan, yang telah melakukan vaksinasi rabies terhadap ratusan hewan anjing peliharaan yang ada di Desa Tambelang, dengan harapan setelah hewan-hewan anjing peliharaan ini di vaksin rabies, tidak ada kasus rabies yang terjadi di Tambelang dan Maesaan umumnya.

“Terima kasih kepada warga masyarakat, yang telah memberikan hewan anjing peliharaannya untuk divaksin rabies,” kata HukumTua Jendry Mokalu.

(Hengly)*