Makin Solid, Jokowi-Ma’ruf Didukung 25 Kepala Daerah di Sumut

by -210 views

Jakarta, transparansiindonesia.co.id – Ribuan relawan di Sumatera Utara akan mendeklarasikan dukungan untuk pasangan calon nomor urut 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin. Selain itu, sebanyak 25 kepala daerah di Sumatera Utara ikut ambil bagian dalam deklarasi itu.

Hal tersebut diungkapkan Djarot Saiful Hidayat, mantan Gubernur DKI Jakarta, saat mendatangi Pos Pemenangan Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf di Jalan Cemara, Jakarta Pusat, Selasa (16/10).

Kunjungan Djarot ini berkaitan dengan koordinasi deklarasi yang bakal dilakukan ribuan relawan Jokowi-Ma’ruf di Sumatera Utara. Djarot bilang, relawan ini terdiri dari beragam kelompok.

“Rencana Sabtu besok, teman-teman relawan di Sumatera Utara mau deklarasi dari berbagai macam gabungan, ya diperkirakan lebih dari 2.000 orang dari seluruh Kabupaten Kota di Sumatera Utara,” kata Djarot, Jakarta Pusat, Selasa (16/11).

Baca juga:  Polda Metro Jaya Panggil Amien Rais Terkait Dugaan Makar Eggi Sudjana

Dari ribuan relawan, sebanyak 25 kepala daerah akan ikut mendeklarasikan dukungan untuk pasangan calon nomor urut 01. Djarot menyebut bahwa keikutsertaan 24 kepala daerah tersebut tidak menyalahi aturan. Pasalnya, mereka tidak menggunakan fasilitas kepala daerah dan juga tidak mengarahkan sikap politik aparatur sipil negara.

“Dari 33 (kepala daerah), yang sudah solid menyatakan sekitar 25,” ujarnya.

Kontestan di Pemilihan Gubernur Sumatera Utara 2018 ini mengaku, kepala daerah dan relawan berbondong-bondong mendukung Jokowi lantaran merasakan langsung kerja pemerintahan Jokowi. Program yang amat dirasakan adalah Kartu Indonesia Pintar dan Kartu Indonesia Sehat.

“Bukan hanya infrastruktur saja yang dinikmati, tapi paling menyentuh itu pembagian sertifikat, KIP, KIS, termasuk juga akses perekonomian,” ucapnya.

Baca juga:  Ketum AMTI; "Dampak Covid-19 Bagi Kebutuhan Dasar Warga Masyarakat"

Selain deklarasi ribuan relawan dan 25 Kepala Daerah di Sumatera Utara, Djarot juga menyampaikan bahwa Basuki Tjahja Purnama atau Ahok, menyatakan dukungan kepada Jokowi, dimana ia telah bertemu Ahok sebulan yang lalu.

“Iya, Ahok sudah nyatakan dukung Jokowi, apapun yang diambil, Pak Ahok tetap Dukung Jokowi,” kata Djarot.

Dukungan ini ditunjukan dengan merapatnya relawan Ahok ke kubu Jokowi-Ma’ruf, menurutnya Ahok telah menyiasati agar relawan Ahok tidak golput. Oleh karena itu iapun mengerahkan dukungannya ke Jokowi.

Lebih lanjut, Djarot menyampaikan apa yang disampaikan Ahok bahwa pemerintahan Jokowi tidak cukup hanya lima tahun. “Lima tahun tak cukup, perlu penuntasan” kata Djarot, menirukan apa yang disampaikan Ahok.

(red)*