Tak Naik Mobil Kepresidenan, Jokowi Malah Naik Kijang Innova ke Acara Pameran

by -914 views

Jakarta, transparansiindonesia.co.id – Tidak seperti biasanya, biasanya presiden Joko Widodo (Jokowi) selalu menghadiri suatu acara naik mobil kepresidenan yang disediakan oleh sekertariat negara, Mercedes-Benz S600 Guard. Kali ini, Jokowi malah memilih naik Toyota Kijang InnovaJokowi hadiri pameran motor terbesar di Indonesia yakni Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2018. Sekitar pukul 12.30 orang nomor satu di Indonesia ini memasuki kawasan Jakarta Convention Canter (JCC) didampingi oleh lebih dari 50 orang Pasukan Pengawal Presiden (Paspampres). Di dalam IMOS 2018, Jokowi melihat hampir semua motor yang dipajang, juga apparel-nya. Seperti yang publik ketahui, Jokowi sangat senang sekali dengan sepeda motor, bahkan orang nomor satu di Indonesia itu memiliki motor modifikasi yang disimpan di Istana Bogor, Jawa Barat.

Baca juga:  Melalui TNI-POLRI, Airlangga Hartarto Bersama Agus Gumiwang Serahkan 35 Juta Masker Untuk Disalurkan Ke Masyarakat

Kalau ingin melirik sedikit ke belakang, Toyota Kijang Innova merupakan mobil yang selalu digunakan Jokowi sebelum resmi dilantik jadi Presiden. Mobil tipe itu pula yang dulu rutin digunakannya saat masih aktif menjadi Gubernur DKI Jakarta pada periode Oktober 2012 hingga Oktober 2014, bahkan saat masih mengikuti kampanye Pilkada DKI 2012. Saat bertarung di Pilkada DKI 2012, Jokowi tercatat menggunakan Toyota Kijang Innova Putih bernomor polisi B 1419 UKA. Mobil itu pula yang menemaninya hingga terpilih menjadi DKI 1. Uniknya, Jokowi selalu menggunakan Kijang Innova bermesin bensin untuk wira-wiri tidak pernah varian bermesin diesel. Terbukti saat pantauan tim Cintamobil.com di IMOS 2018, Jokowi menaiki Toyota Kijang Innova tipe Q dengan pelat nomor B 1582 SAL bermesin 1TR-FE berteknologi dual VVT-i berkelir hitam.

Baca juga:  Bertemu Presiden Jokowi, BPIP Apresiasi Pelaksanaan Pemilu yang Lancar

Setelah menjabat sebagai Gubernur DKI, Jokowi lebih sering menggunakan Toyota Kijang Innova 2.0 V berwarna hitam bernopol B 1124 BH. Ia bahkan nyaris tak pernah sekali menggunakan Toyota Land Cruiser yang merupakan mobil dinas gubernur. Saat bertarung di Pilpres 2014, Jokowi terpantau rutin menggunakan Toyota Kijang Innova berkelir putih bernomor polisi B 1567 PRA. Namun setelah akhirnya menang dan dilantik menjadi presiden, Jokowi tak pernah lagi terpantau menggunakan Innova. Selama menjabat sebagai RI 1, Jokowi selalu menggunakan Mercedes Benz S600 Pullman Guard yang merupakan mobil dinas kepresidenan. Dilihat dari aspek keamanan terhadap kepala negara, mobil tersebut memang dianggap lebih mumpuni untuk dilengkapi sejumlah alat keamanan, salah satunya kaca anti peluru.

(red)*