Diprakarsai Polres dan DLH, 500-an Personil Polres dan ASN serta THL Lakukan Bersih-bersih Sampah di Kawasan Boulevard

Minsel36 Dilihat

Minsel, transparansiindonesia.co.id — Ratusan Aparatur Sipil Negara (ASN) dan THL dilingkup Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan, melaksanakan Kegiatan Bersih-bersih sampah dikawasan Boulevard Amurang, pada Kamis, 21 Februari 2019.

Kegiatan bersih-bersih sampah tersebut, diprakarsai oleh Polres Minsel dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Minahasa Selatan, dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional, yang jatuh pada setiap tanggal 21 Februari.

Tema HPSN tahun 2019 ini ‘Kelola Sampah, Untuk Hidup Bersih, Sehat dan Bernilai’ dari Tema tersebut mengajak kepada masyarakat, untuk selalu peduli dengan sampah, memotivasi masyarakat untuk melihat sampah adalah suatu yang bernilai, dengan mengelolanya menjadi sesuatu yang memiliki nilai jual, yang akan berdampak positif bagi perekonomian masyarakat, selain itu pula menjaga lingkungan tetap bersih, untuk kesehatan masyarakat.
Kepala Kepolisian Resort Minahasa Selatan (Kapolres Minsel), AKPB F.X Winardi Prabowo SIK, mengajak kepada seluruh warga masyarakat Minahasa Selatan, untuk ikut serta dalam menjaga kebersihan, untuk masyarakat sehat, serta juga dapat mengelola sampah plastik dan kertas menjadi suatu yang bernilai jual, manfaatkan Bank Sampah yang ada, ataupun dengan kreativitas masyarakat, dapat mengelola sampah-sampah tersebut menjadi bermanfaat-guna.

Baca juga:  Bentuk Dukungan untuk Polri, Masyarakat Gelar Aksi Solidaritas

“Saya mengharapkan juga kegiatan seperti ini, dapat ditindak-lanjuti, ke daerah-daerah, kecamatan-kecamatan, maupun tingkat desa san kelurahan, karena kegiatan ini serentak dilakukan di Seluruh Indonesia, dalam rangka HPSN,” kata Kapolres Minsel Winardi Prabowo.

Sementara itu Bupati Minahasa Selatan, DR.Christiany Eugenia Paruntu SE, melalui Kepala Dinas Lingkungan Hidup Roi Sumangkut ST.MT, mengatakan bahwa selain kegiatan bersih-bersih sampah di sepanjang pantai Kawasan Boulevard Amurang, yang diprakrasai Polres Minsel dan DLH dengan melibatkan ASN dan THL dilingkup Pemkab Minsel, pihaknya juga akan melakukan kegiatan bersih-bersih dan penataan TPA Mobongo, yang akan dilaksanakan pada Jumat (22/01) besok.

Baca juga:  Utusan Minsel, Vanesa Aleng Masuk 10 Besar dalam Lomba Bercerita Tingkat Nasional

Sumangkut mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan wujud komitmen dari Pemkab Minsel untuk meraih Adipura, yang merupakan prestasi bagi suatu Kabupaten/Kota dalam mengelola kebersihan, ia pun menambahkan bahwa Adipura merupakan salah satu target dari Pemkab Minsel.

“Terima kasih atas kerja-sama yang baik dari Pihak Polres Minsel, yang sangat peduli dengan lingkungan, dengan melaksanakan kegiatan bersih-bersih sampah, saya mengharapkan juga agar kegiatan-kegiatan seperti ini terus berlanjut, guna mewujudkan Minsel bebas sampah,” jelas Roi Sumangkut.

(Hengly)*