Desa Raraatean Gelar Ibadah Syukur Rayakan HUT Ke-98

Minsel538 Dilihat

Minsel, transparansiindonesia.co.id – Pemerintah dan masyarakat desa Raraatean bersyukur, oleh karena pada tahun ini merayakan hari ulang tahun desa yang ke-98 tahun.

Puncak peringatan dan perayaan hari ulang tahun ke-98 desa Raraatean dilaksanakan ibadah syukur yang digelar pada Sabtu, 23 September 2023 bertempat di BPU Desa Raraatean.

Adapun tema perayaan HUT ke-98 Desa Raraatean adalah ‘Berjalan Bersama Untuk Membangun Desa Yang Tercinta‘.

Ibadah syukur dipimpin oleh BAMAG Desa Raraatean, dan yang menjadi pembawa firman Tuhan atau pengkhotbah adalah Dominicus Wowor selaku Ketua stasi Katolik Hati Kudus Raraatean.

Dalam rangkaian ibadah syukur tersebut, ditandai dengan penyalaan lilin dengan angka 98 yang dilakukan oleh Camat bersama penjabat HukumTua dan didampingi  oleh unsur Forkopimca, para mantan HukumTua, lembaga desa dan tokoh masyarakat serta tokoh agama.

Kepala Kecamatan Tompasobaru, Drs. Jemmy Loa hadir dalam ibadah syukur HUT ke-98 desa Raraatean, dan membawakan sambutan mewakili Bupati Minahasa Selatan Franky Donny Wongkar.

Dalam sambutannya, Camat Jemmy Loa pertama-tama mengucap syukur oleh karena salah satu desa yang ada diwilayah Kecamatan Tompasobaru boleh merayakan HUT ke-98 tahun, yang artinya tinggal dua tahun lagi desa Raraatean akan merayakan satu (1) abad.

Sebagaimana tema perayaan HUT ke-98 desa Raraatean, Camat Tompasobaru mengajak kepada seluruh elemen masyarakat untuk semangat bekerja sama, saling menopang dan saling support dalam berbagai program-program pemerintah desa, yang dilaksanakan untuk kemajuan pembangunan desa dan berdampak pada kesejahteraan masyarakat.

Ia pun mengatakan bahwa perayaan HUT ke-98 desa Raraatean kiranya akan menjadi momentum bagi pemerintah dan masyarakat desa Raraatean untuk terus menjaga persatuan dan kesatuan, menjaga semangat kebersamaan dengan kearifan lokal yang ada, guna mewujudkan apa yang menjadi cita-cita desa Raraatean.

Baca juga:  Jemmy Loa Buka Lomba Cerdas Cermat 4 Pilar Tingkat SD Dan SMP Se-Kecamatan Tompasobaru

Karena, ditambahkan Camat Jemmy Loa bahwa usia 98 tahun bukanlah usia yang muda lagi, tapi di momentum usia 98 tahun desa Raraatean akan menjadi desa yang dewasa, dalam mengelola pemerintahan desa, dengan terus mengoptimalkan pelayanan kemasyarakatan.

“Atas nama pemerintah kabupaten Minahasa Selatan, Bupati pak Franky Donny Wongkar SH dan Wakil Bupati pak Petra Rembang MTh, saya selaku Camat Tompasobaru mengucapkan selamat bersyukur dan selamat merayakan HUT ke-98 bagi pemerintah dan masyarakat desa Raraatean, semangat kebersamaan untuk meningkatkan kemajuan pembangunan desa,” kata Camat Jemmy Loa.

Sementara itu, Penjabat HukumTua Desa Raraatean Selty Rampengan SPd pada penyampaiannya dalam kegiatan ibadah syukur tersebut, menyampaikan terkait program-program pembangunan yang sementara dan akan dilaksanakan di desa Raraatean.

Diantaranya, inisiatif dari pemerintah desa untuk menghadirkan tim Disdukcapil Minsel didesa untuk melayani warga masyarakat terkait hal-hal yang berkaitan dengan administrasi kependudukan, seperti e-KTP, Kartu keluarga dan akte-akte.

Selain itu pula, Penjabat HukumTua Selty Rampengan menjelaskan mengenai program pembangunan yang didanai oleh dana desa, termasuk program pembangunan infrastruktur desa yang dimana ditahun 2023 ini melaksanakan pengerjaan rabat beton jalan desa menuju akses perkebunan guna memperlancar mobilitas warga.

Selty Rampengan, mengajak kepada seluruh elemen masyarakat, dimomentum perayaan HUT ke-98 Desa Raraatean, kiranya akan menjadi momentum untuk terus menjaga dan bahkan meningkatkan persatuan dan kesatuan, rasa kekeluargaan dan rasa saling membutuhkan sesama warga desa Raraatean, untuk kemajuan pembangunan desa Raraatean.

Baca juga:  Relawan SDGs Desa Raraatean Dibekali Pemahaman Melalui Pembekalan

Memasuki tahun politik, pada kesempatan tersebut Penjabat HukumTua Selty Rampengan mengingatkan untuk menghadapi tahun politik dengan bijak, jangan mudah terprovokasi dengan isu-isu ataupun informasi yang belum tentu kebenarannya.

Karena, dijelaskan Selty Rampengan bahwa perbedaan dalam pandangan dan pilihan politik itu adalah hal yang lumrah, jangan jadikan perbedaan untuk memusuhi sesama, tapi jadikan perbedaan untuk lebih merekatkan tali persaudaraan.

“Hari ini kita semua bersyukur, kita pemerintah dan masyarakat desa Raraatean boleh merayakan 98 tahun berdirinya desa, kiranya ini akan menjadi momentum bagi kita semua untuk terus meningkatkan kerjasama, berjalan bersama untuk membangun desa Raraatean yang kita cintai ini,” ujar Penjabat HukumTua Selty Rampengan.

Memperingati dan merayakan HUT ke-98 Desa Raraatean, ditambahkan Penjabat HukumTua Selty Rampengan bahwa pemerintah desa melalui panitia HUT desa juga melaksanakan berbagai kegiatan lomba.

Adapun lomba-lomba yang dilaksanakan yakni lomba kebersihan lingkungan antar Jaga, lomba senam sicita antar jaga dan lomba linedance antar jaga.

Dan berikut adalah hasil lomba dari ketiga kegiatan tersebut;

1. Lomba Kebersihan Lingkungan
Juara 1: Jaga IV (nilai 99,95)
Juara 2: Jaga I (nilai 98,59)
Juara 3: Jaga V (nilai 97,75)

2. Lomba Senam Sicita
Juara 1: Jaga VI (nilai 96,65)
Juara 2: Jaga V (nilai 94,35)
Juara 3: Jaga IV (nilai 90,45)

3. Lomba Linedance
Juara 1: Jaga VI (nilai 979,60)
Juara 2: Jaga IV (nilai 925,70)
Juara 3: Jaga III (nilai 902,25).
(Hengly)*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *