Pemerintah Kecamatan Motoling Gelar Musrenbangcam

by -27 views

Minsel, transparansiindonesia.co.id — Pemerintah Kecamatan Motoling Kabupaten Minahasa Selatan, melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbangcam) tahun 2022.

Musrenbangcam yang dibuka langsung oleh Camat Drs.Sonny Umboh tersebut, digelar di Balai Pertemuan Umum Desa Motoling pada Selasa 9 Desember 2021.

Camat Sonny Umboh dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan Musrenbangcam ini merupakan program nasional dalam rangka merencanakan program-program kerja pemerintah ditahun 2022 nanti, yang tentunya disesuaikan dengan visi-misi dan program strategis dari Bupati dan Wakil Bupati.

Dikatakannya pula, sebelum dilaksanakan Musrenbangcam, telah didahului dengan kegiatan Musrenbangdes disetiap desa yang ada diwilayah Kecamatan Motoling, dimana Kecamatan Motoling memiliki sebanyak 7 Desa.

Dan dari 7 Desa yang ada diwilayah Kecamatan Motoling, ada 57 Usulan yang disampaikan di Musrenbang Kecamatan Motoling, dan selanjutnya akan dipilih usulan mana yang akan menjadi skala prioritas Kecamatan Motoling.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan Bupati Ibu DR.Christiany Eugenia Paruntu SE dan Wakil Bupati Pak Franky Donny Wongkar SH, saya selaku Camat Motoling membuka secara resmi kegiatan Musrenbang Kecamatan Motoling, dan semoga melalui kegiatan Musrenbangcam ini, dapat menghasilkan usulan yang kiranya dapat terealisasi ditahun 2022 nanti,” kata Sonny Umboh.

Baca juga:  Sebanyak 100 Pasangan, Sah Jadi suami-Istri Dalam Gelaran Kawin Masal di Halaman Mapolres Minsel

Selanjutnya pemaparan dari anggota DPRD Minsel Rommy Pondaag SH.MH, yang menyampaikan akan selalu dan terus berusaha mengawal aspirasi dari warga masyarakat Kecamatan Motoling dan warga Dapil IV Minsel pada umumnya, agar nantinya apa yang diusulkan di Musrenbang ini bisa terealisasi di tahun 2022 nanti.

Sementara itu Kepala Bapelitbang Minsel yang diwakili oleh Kabid Albert Tumbel STP, mengatakan bahwa Musrenbangcam tersebut adalah satu agenda guna menggali usulan dari setiap desa, yang dimana nantinya akan menjadi Rencana Kerja Pemerintah Daerah untuk tahun anggaran 2022, yang tentunya disesuaikan dengan visi-misi dan Program Prioritas dari Bupati dan Wakil Bupati Minahasa Selatan.

Dikesempatan itu pula, usulan dari setiap desa langsung di input oleh para operator desa ke aplikasi Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD).

Baca juga:  Tetty Paruntu; "Minsel Sehat dan Bersih Dimulai dari Desa Arakan"

Selanjutnya dalam giat Musrenbangcam tersebut, pemaparan program dari setiap SKPD yang hadir, seperti dari Dikpora Minsel yang diwakili oleh Kabid Naomi Lampus, Dinsos Minsel yang diwakili oleh Sekretaris Dinas Ovler Sengkey, Dinas Pertanian yang dihadiri oleh Kabid Wandy Sembel, dari Dinkes yang diwakili oleh Kepala Puskesmas Motoling, dan dari Dinas PUPR.

Usai pemaparan, giat Musrenbangcam Motoling juga ditandai dengan penandatanganan berita acara Musrenbangcam Motoling yang ditandatangani oleh Unsur Forkopimca Motoling, Anggota DPRD Minsel Rommy Pondaag, Perwakilan SKPD, dan Perwakilan HukumTua.
Juga disepakati usulan yang menjadi skala prioritas pembangunan Kecamatan Motoling, yang nantinya akan dibawa dalam kegiatan Musrenbang Kabupaten Minahasa Selatan.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh unsur Forkopimca Motoling, Anggota DPRD Minsel Rommy Pondaag, para HukumTua se-Kecamatan Motoling didampingi Sekdes, BPD dan operator Desa, serta pegawai dan staf Kantor Kecamatan Motoling.

(Hengly)*